BPK ‘Pelototi’ Belanja SKPD di Bone – FAJAR sulsel
News

BPK ‘Pelototi’ Belanja SKPD di Bone

20161024_213022

Periksa belanja Barang dan Jasa, BPK Tinggal Sebulan di Bumi Arung Palakka

PENULIS : ROSDIANA SULJA

WATAMPONE, RB—Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menurunkan tim untuk memeriksa belanja barang dan jasa di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkab Bone. Tim beranggotakan lima orang ini akan berada di Bone selama 35 hari. Kedatangan auditor BPK RI Perwakilan Makassar yang dipimpin Sundari tersebut , diterima Bupati Bone, Dr HA Fahsar Mahdin Padjalangi MSi di salah satu rumah makan, Senin malam 24 Oktober lalu.

Para pimpinan SKPD pun dikumpulkan dalam penyambutan ini sekaligus pengarahan bupati terkait pemeriksaan yang akan dilakukan tim BPK. Sayangnya pertemuan tersebut berlangsung tertutup. Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Bone, Drs Andi Fajaruddin mengatakan pemeriksaan BPK kali ini akan fokus pada belanja barang dan jasa di SKPD.

“Kedatangan Tim BPK kali ini khusus untuk melakukan pemeriksaan belanja barang dan jasa dan juga konstruksi,” terang Fajaruddin. Lebih jauh Fajaruddin mengungkapkan, pemeriksaan belanja barang dan jasa terpisah dengan pemeriksaan Laporan Pernyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) yang dilakukan secara rutin dua kali dalam setahun.

“Terakhir kita menerima pemeriksaan belanja barang dan jasa dari BPK pada 2012 lalu. Meskipun bukan LPPD tetapi tetap berpengaruh kelak pada penentuan opini,” terangnya. Item yang akan diperiksa tim auditor BPK, kata Fajaruddin meliputi pembelanjaan barang dan jasa serta konstruksi pada setiap satuan kerja perangkat daerah, mulai Januari hingga Oktober 2016.

“Kemungkinan tim ini akan memeriksa sistem sampling pada SKPD, tetapi akan banyak SKPD yang akan diperiksa,” terangnya.
Terkait dengan kedatangan tim BPK ini, Bupati Bone Dr HA Fahsar Mahdin Padjalangi MSi didampingi Wabub, Drs H Ambo Dalle MM menggelar pertemuan dengan semua kepala SKPD pada salah satu restoran di Jl Husain Jeddawi. Sayangnya, pertemuan tersebut tertutup bagi awak media. “Bapak Bupati hanya mengimbau kepada semua SKPD agar mendukung kelancaran pemeriksaan yang dilakukan BPK,” tambah Fajaruddin.

RADAR BONE

loading...
Click to comment
To Top