Heboh…Warga Ponjalae Tangkap Buaya di Rawa – FAJAR sulsel
News

Heboh…Warga Ponjalae Tangkap Buaya di Rawa

PALOPO — Warga Kelurahan Ponjalae, Kecamatan Wara Timur dihebohkan dengan penemuan seekor buaya sepanjang 160 Cm dan lebar 20 Cm di rawa samping Kantor Lurah Ponjalae. Buaya yang menjadi tontonan warga Ponjalae ini ditangkap oleh seorang warga, bernama Adil, Rabu 26 Oktober 2016.

Adil bercerita, tepat pukul 06.00 Wita dirinya melihat dua ekor buaya melintas di rawa-rawa samping Kantor Lurah Ponjalae. Saat itu juga dirinya dibantu seorang pawang buaya memberikan umapn seekor ayam. Setelah umpan berhasil dimakan oleh buaya tersebut, Adil menarik tali dan berhasil menangkap seekor buaya itu.

”Buaya itu ada dua ekor. Satu ekor sudah ditangkap. Tinggal satu lagi, dan lebih besar,” kata Adil, kepada Palopo Pos, seraya mengatakan kata pawang buaya yang belum tertangkap itu memakai cincin di jarinya, konon katanya jelmaan manusia.

Menurut Lurah Ponjalae, Herman, buaya tersebut ditemukan dan ditangkap warga sekitar pukul 06.00 Wita. Kemudian diamankan oleh warga dan hingga saat ini masih diamankan.
”Buaya diamankan di salah satu rumah warga. Saya baru tahu saat datang di kantor dan diberitahu oleh pegawai dan juga warga yang melapor,” ujar Herman.

Menurutnya, memang buaya ini sering berkeliaran selama ini di sekitaran rawa dekat kantor lurah. Warga sering melihat buaya tersebut melintas di rawa-rawa pada malam hari. Untungnya tidak pernah ada warga yang terganggu atau diserang buaya tersebut.
Diperkirakan buaya tersebut sudah berumur 3 sampai 4 tahun dan mulai sejak kecil hidup di sekitar wilayah Ponjalae.

“Kami hanya takutkan anak-anak kecil yang berkeliaran kalau bermain jangan sampai dimangsa dan membahayakan nyawanya,” jelasnya.

Untuk selanjutnya, kata Lurah Ponjalae, buaya ini akan diamankan dan pihak terkait akan dihubungi untuk menindaklanjuti akan dikemanakan buaya ini agar tidak berada di wilayah ini lagi,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Wara Timur, Baso Aznur, saat datang melihat buaya tersebut mengatakan langkah ke depan pihak kecamatan dan kelurahan akan melakukan langkah persuasif. Seperti akan menyerahkan ke pihak terkait seperti Satpol-PP atau yang bersangkutan lainnya.

“Yang jelas kami dari kecamatan berharap buaya ini segera diamankan jangan sampai lepas. Sehingga kembali akan berkeliaran lagi di sekitar pemukiman warga,” harapnya.(rp1/rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top