IHI Sinjai Desak Tersangkakan AHOK – FAJAR sulsel
News

IHI Sinjai Desak Tersangkakan AHOK

img_20161028_105710

PENULIS : LUKMAN SARDY

SINJAI, RB –Puluhan Aktifis dari Institut Hukum Indonesia (IHI) Kabupaten Sinjai menggelar aksi demonstrasi, Jumat 28 Oktober, menuntut Ahok di proses hukum. Aksi yang digelar tersebut merupakan rangkaian Peringatan Hari sumpah Pemuda dimana grand isu yang diangkat yaitu penistaan agama yang dilakukan oleh gubernur DKI jakarta Basuki Jhaja Purnama (Ahok).

Dalam aksi tersebut aktifis IHI menyampaikan tuntutannya terkait kasus penistaan agama yang dilakukan oleh Ahok yang sampai hari ini belum di proses hukum, dalam tuntutanya itu, aktifis IHI juga memberikan perbandingan hukum terkait kasus yang sama yang menimpa Rusgiani (44) ibu rumah tangga yang dipenjara 14 bulan karena menghina agama Hindu.

Berikut isi tuntutan IHI.
1. Pernyataan Ahok terkait QS AL Maidah ayat 51 sudah memenuhi unsur Piadana dan terbukti melanggar pasal 156 a KUHP.
2. Mendesak kepada penegak Hukum, agar Ahok ditetapkan sebagai tersangka tanpa harus dikaitkan dengan momentum Pilkada saat ini demi Tegaknya Hukum Di Negeri Kita.
3. Mendesak DPRD Kabupaten Sinjai Menindak lanjuti aspirasi dalam bentuk pernyataan sikap secara kelembagaan ke DPR RI.

Kepala Daerah IHI Sinjai, Supardi selaku penanggungjawab aksi menuturkan, jika aksi yang digelar tersebut merupakan bentuk pangecaman terhadap tindakan penistaan agama yang dilakukan oleh Ahok karena hal itu melukai perasaan bagi umat muslim.
” Ungkapan ahok terkait QS AL Maidah ayat 51 merupakan pelecehan terhadap umat islam, apalagi kami di Sinjai dikenal dengan bumi panrita kitta, tentunya hal itu menggugah hati kami selaku pemuda di Sinjai untuk turun mengecam tindakan yang mencederai kayakinan yang selama ini kita anut,” jelasnya.

Massa kemudian bergerak ke Kantor DPRD Sinjai dan sempat terjadi saling dorong dengan satpol pp karena menghalangi para pendemo masuk ke gedung wakil rakyat. Wakil Ketua DPRD Sinjai, Jamaluddin yang menerima aspirasi pendemo, merespon baik aspirasi yang disampaikan tersebut. “Insyaallah aspirasi yang adik-adik sampaikan kami akan tindak lanjuti dan rapat kerjakan sebagaimna apa yang menjadi harapan kita bersama,” kuncinya.

*ASKAR SYAM

RADAR BONE

loading...
Click to comment
To Top