60 KUBE Terima Bantuan Rp1,2 Miliar – FAJAR sulsel
News

60 KUBE Terima Bantuan Rp1,2 Miliar

-Rutilahu 50 KK Rp750 Juta

PALOPO — Penerima bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) PKH/BDT dan kelompok penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) Kota Palopo mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) dari Kementerian Sosial RI yang digelar di auditorium Saokotae, Jumat 28 Oktober 2016.

Kepala Bidang (Kabid) Kesejahteraan Sosial (Kessos), Hj Rosnida, SH.,MM dalam laporannya mengatakan, peserta Bimtek penerima manfaat yang mendapatkan bantuan KUBE sasarannya yakni keluarga sangat miskin ataupun yang masih menerima PKH.

“Ini bermanfaat mempercepat masyarakat Palopo keluar dari mata rantai kemiskinan,” sebut Rosnida.

Adapun materi yang dipaparkan dalam Bimtek, sebut Rosnida, materi bimtek KUBE dan Rutilahu yang disampaikan Kasi Pemberdayaan Sosial Direktorat Penanganan Kemiskinan Perkotaan Kemensos RI, Zainal, SE.,MM dan materi UEP KUBE dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari Dinas Koperindag dan UMKM Palopo.

Setelah Bimtek, sebutnya, masing-masing kelompok KUBE diberikan rekomendasi dari Dinsosnakertrans untuk pencairan dana di bank. Dana KUBE diberikan sebesar Rp20 Juta per kelompoknya yang beranggotakan 10 orang. Sedangkan untuk Rutilahu Rp15 Juta per orang termasuk pembuatan WC/jamban.

”Jadi total penerima KUBE untuk tahun 2016 sebanyak 60 KUBE. Yakni 30 KUBE PKH/BDT dan 30 KUBE PKH. Dengan total bantuan KUBE Rp1,2 Miliar dan Rutilahu 50 KK Rp750 Juta, jadi total bantuan Rp1.950.000.000,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, MH menyampaikan kepada para penerima bantuan agar memanfaatkan dengan baik bantuan tersebut.
“Ini merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah Kota Palopo dalam memberantas kemiskinan di Kota Palopo,” ucapnya.

Mantan anggota DPRD Luwu ini berharap kepada penerima bantuan Kube 2016 ini untuk bersungguh-sungguh mengembangkan usaha yang telah mereka punya selama ini.

“Jangan disalahgunakan bantuan ini, agar kiranya para penerima bantuan merubah pola pikir untuk kehidupan yang lebih baik lagi. Jangan terpaku pada kemiskinan, inilah kesempatan bagi warga miskin untuk merubah hidupnya,” jelasnya.

Bimtek ini juga dihadiri Kepala Dinsosnakertrans Palopo, Baso Najamuddin dan Kadis Koperindag Kota Palopo, Karno, S.Sos.(rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top