Ada 174 Pejabat Bulukumba Berebut Jabatan – FAJAR sulsel
News

Ada 174 Pejabat Bulukumba Berebut Jabatan

FB_IMG_1477710232353

fb_img_1477710232353

REPORTER: AKBAR WAHYUDI
BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Sabanyak 174 pejabat lingkup pemerintah kabupaten (Pemkab) Bulukumba, berebut jabatan dengan cara uji kompetnsi, berlangsung, Sabtu, 29 Oktober.
Sekretaris Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Bulukumba, Andi Ade Ariyadi mengatakan, pelaksanaan uji kompetensi ini merupakan langkah daerah dalam melakukan pemetaan organisasi perangkat daerah yang terbaru.
Yang akan mengisi jabatan berdasarkan kompetensi para pegawai, sebagai wujud tata kelola pemerintahan yang baik sesuai visi dan misi Bupati Bulukumba. Sehingga semua diharapkan hadir dalam pelaksanaan uji kompetensi tersebut.
“Iya, hari besok (Hari ini, red) mulai uji kompetensi. Ada beberapa pegawai eselon II dan III akan ikut,” ujarnya, saat ditemui di Sekretariat Kabupaten, Jumat 28 Oktober.
Menurut dia, materi diujikan dalam pelaksanaan uji kompetensi adalah tes tertulis dengan menguji kepribadian peserta tentang psikotes, selanjutnya, mengetahui keilmuanya dengan tes wawancara bagi pegawai eselon II dan eselon III hanya tes tertulis saja.
Namun, Tes wawancara bagi eselon II baru akan dilaksanakan pada 4 hingga 6 November. Upaya ini merupakan visi misi bupati yang menginginkan tata kelola pemerintahan menuju lebih baik. “Kalau Eselon II itu 31 orang, dan eselon III sebanyak 143 orang,” katanya.
Tim penguji kompetensi Pemkab akan menggunakan jasa tim independen dari Makassar, seperti dari perguruan tinggi Universitas Hasanuddin (Unhas), lembaga administrasi Negara (LAN), dan beberapa konsultan lain yang akan didatangkan. Mereka akan menilai hasil tes pegawai eselon II dan III. Hanya saja, uji kompetensi bagi pegawai hanya ingin mengetahui arah pemikiran kedepannya, kemudian disesuaikan terhadap visi misi bupati dalam tata pemerintahan.
“Kami hanya menyelenggarakan saja, kami tidak mencampuri soal hasilnya. Tapi, ini dilakukan untuk menciptkan pemerintahan bersih dan berkompetensi,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bulukumba, Andi Akbar Amier mengaku, dalam menghadapi uji kompetensi tidak terlalu mencemaskan, karena sejak lama sudah mengetahui tugas dan fungsi pejabat eselon II. Diantaranya, memiliki dedikasi yang tinggi, kompetensi pendidikan, profesionalisme, dan berkarakter, yang semua harus dimiliki apalagi kedepan zaman globalisasi yang akan menyerang, sehingga sepakat jika uji kompetensi ini dilaksanakan.
“Tidak ada masalah, kami siap. Kami juga sudah mau pensiun. Tapi, saya mendukung semua pejabat harus uji kompetensi,” ujarnya. (**)

Grafis

* Materi diujikan dalam pelaksanaan uji kompetensi adalah tes tertulis dengan menguji kepribadian peserta tentang psikotes, selanjutnya, mengetahui keilmuanya dengan tes wawancara bagi pegawai eselon II dan eselon III hanya tes tertulis saja.

* Tes wawancara bagi eselon II baru akan dilaksanakan pada 4 hingga 6 November.

* Upaya ini dilakukan agar visi misi bupati yang menginginkan tata kelola pemerintahan menuju lebih baik teruwujud.

* Pejabat yang ikut masing-masing eselon II 31 orang, dan eselon III sebanyak 143 orang.

* Tim penguji kompetensi Pemkab menggunakan jasa tim independen dari Makassar, seperti dari perguruan tinggi Universitas Hasanuddin (Unhas), lembaga administrasi Negara (LAN), dan beberapa konsultan lain yang akan didatangkan

RADAR SELATAN

loading...
Click to comment
To Top