Fachrany Wakili Lutim Lomba Balita Sehat – FAJAR sulsel
News

Fachrany Wakili Lutim Lomba Balita Sehat

MALILI–Fachrany Sachy Ichman diutus mewakili kabupaten Luwu Timur diajang lomba balita sehat tingkat Propinsi Sulawesi Selatan yang berlangsung di hotel Alden Makassar, Jum’at (28/10) kemarin.

Sebelumnya, putri kelahiran Soroako ini telah lulus seleksi melalui penilaian lomba yang diselenggarakan oleh kelompok kerja PKK Luwu Timur, 26 Agustus lalu. Saat ini, anak kedua dari pasangan Ichman dan Nita Harmita sudah berada di Makassar mengikuti lomba balita sehat.

Lomba yang akan diikuti oleh para peserta seperti, antropometri, kesehatan anak, imunisasi, gizi dan perkembangan, kesehatan gigi dan mulut, psikologi anak, keadaan lingkungan tempat tinggal serta penilaian asah, asih, asuh. Sementara tim juri berasal dari unsur tenaga kesehatan.

Kepala Seksi (Kasi) Keluarga dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Daud Latief mengatakan, seluruh peserta se Sulawesi Selatan bersama dengan pendamping orang tua dari PKK dan dinas Kesehatan masing – masing daerah saat ini menghadiri seminar lomba balita sehat.

“ Hari ini (Jum’at red) peserta mengikuti seminar. Untuk proses penilaian lomba balita sehat akan berlangsung, Sabtu (29/10) hari ini dengan dinilai oleh tim juri dari unsur tenaga kesehatan dari dokter yang dipilih oleh dinas kesehatan Propinsi Sulawesi Selatan,” ungkapnya.

Menurut Daud, lomba tersebut akan diawali dengan permainan edukatif bagi anak sekaligus pembagian doorprize mainan edukatif. “Setelah itu, masing-masing juri melakukan penilaian satu per satu terhadap balita peserta lomba,” ungkap Daud.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Ibu dan Anak dinas Kesehatan Luwu Timur, Hajar menmbahkan, tujuan lomba balita sehat ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran orang tua terhadap putra putri untuk membina tumbuh kembang balita secara optimal.

“Melalui kegiatan ini sekaligus diharapkan dapat memberikan motivasi bagi orangtua serta para kader dalam memantau tumbuh kembang balita. Masa lima tahun pertama (balita) adalah periode emas bagi perkembangan motorik anak, karena pada usia ini fisik anak masih lentur, juga mudah diarahkan,” ungkapnya. (krm/shd)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top