Jalan Poros Palopo-Toraja Amblas – FAJAR sulsel
News

Jalan Poros Palopo-Toraja Amblas

Jalan-poros-amblas-1

jjalan-poros-amblas-2PALOPO — Jalan poros trans Sulawesi Palopo-Toraja Utara tepatnya di km 14 Kelurahan Battang terputus. Hal ini diakibatkan jalan amblas yang kedalamannya mencapai 4 meter hingga 5 meter dengan diameter 2 meter.

Hal itu membuat arus transportasi dari arah Palopo menuju Toraja Utara, begitupun sebaliknya terputus selama tiga jam lamanya.

Jalan aspal yang amblas tersebut terjadi sekitar pukul 12:00 Wita. Beberapa kendaraan dari arah Toraja Utara menuju Palopo begitun sebaliknya, terhenti hingga antrian kendaraan mencapai 1 km.

Untung saja, warga sekitar dikoordinir Lurah Battang, Andi Rommy Djollo berinisiatif membuat jembatan kecil agar kendaraan bisa melalui jalan tersebut.

Saat dikonfirmasi, Lurah Battang menuturkan, jalan amblas di km 14 Battang itu terjadi sekitar pukul 12:00 Wita. Untung saja saat kejadian tersebut tak ada kendaraan yang melintas, sehingga tidak menimbulkan kerusakan pada kendaraan juga korban jiwa.

”Kami bersyukur saat jalan aspal itu amblas, tidak menimbulkan korban jiwa,” sebut Lurah Battang di lokasi kejadian.

Lurah Battang menjelaskan, agar akses transportasi di poros Palopo- Toraja dapat kembali lancar, maka dibuatlah jembatan atas swadaya masyarakat setempat. ”Warga setempat membuat jembatan kecil di pinggir jalan agar kendaraan baik itu mobil maupun motor bisa melintas kembali. Kurang lebih tiga jam lamanya, jalan terputus,” sebutnya.

Sementara itu, sebutnya, pihak Dinas Bina Marga Provinsi Sulsel telah melakukan penimbunan di jalan yang amblas, sehingga akses transportasi sudah kembali normal.

”Jalan amblas sudah ditimbun oleh Dinas Bina Marga Provinsi Sulsel karena jalan ini merupakan jalan provinsi. Saat ini, poros Palopo – Toraja kembali normal,” jelasnya.

Rommy mengimbau agar para pengguna jalan di wilayah tersebut berhati-hati, dimana curah hujan masih tinggi di wilayah Kota Palopo dan sekitarnya.

Untuk diketahui, poros Palopo – Toraja Utara yang di dataran tinggi Battang , Kecamatan Wara Barat memang merupakan wilayah yang rawan longsor. Selain tanah yang labil, ruas jalan juga sudah banyak yang retak sehingga mudah ambruk saat terus diguyur hujan lebat.(rhm/ary)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top