Rancang Perda PDAM, Pansus III Kunjungi PERPAMSI Makassar – FAJAR sulsel
News

Rancang Perda PDAM, Pansus III Kunjungi PERPAMSI Makassar

dprd-pansus-III

PALOPO– kantor Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI) Makassar tak luput dari kunjungan Pansus III Komisi III DPRD Kota Palopo. Itu masih dalam rangka perampungan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) PDAM Kota Palopo.

Ketua Pansus III Komisi III DPRD Kota Palopo, Abd Rauf Rahim memimpin langsung kunjungan itu. Legislator asal Partai NASDEM ini mengatakan, kunjungan ke PERPAMSI Makassar masih sekaitan dengan Ranperda PAM Tirta Mangkaluku yang saat ini masih dalam perampungan dan akan segera difinalisasikan.

Kata dia, itu sesuai dengan amanat Permendagri No.2 Tahun 2007, yang menyatakan, semua perusahan daerah yang bergerak dalam penyediaan air minum wajib bergabung ke dalam Assosiasi PERPAMSI.

“PERPAMSI ini merupakan wadah berkomunikasi diantara Perusda tentang segala persoalan yang dihadapi, seperti memberikan pelayanan air minum kepada masyarakat, baik teknis ataupun terkait dengan regulasi,” ujar Legislator NASDEM ini.

Menurut Abd Rauf Rahim, kaitannya dengan Ranperda yang dibahas oleh Pansus III DPRD Palopo, adalah dengan melihat kondisi wilayah Kota Palopo yang diapit oleh Kabupaten Luwu. Baik dari sisi Utara maupun dari sisi Selatan.

Di sisi Utara perbatasan dengan Kecamatan Walmas, dan di sisi Selatan berbatasan dengan Kecamatan Bua. Tentu dalam perkembangannya tidak menutup kemungkinan PAM Tirta Mangkaluku dapat memberikan pelayanan air minum sampai ke daerah perbatasan bahkan sampai ke wilayah Kabupaten Luwu.

“Pertanyaannya adalah, apakah boleh PDAM Kota Palopo memberikan suplai air ke kabupaten lain dan seperti apa cara mengaturnya, termasuka aset daerah diantara kabupaten/kota yang melakukan kerjasama, seperti pipa dan prasarana lainnya,” sebutnya.

Masih kata Rauf, kunjungan itu dihadiri oleh Pansus III terdiri dari anggota DPRD Palopo Komisi III yakni, Budiman, Alfri Jamil, Hamka Pasau, Budirani Ratu, Marigallang dan Subir Surahman. Disamping itu hadir juga Kasubag Perundang-undangan, sekertariat DPRD, Bagian Hukum dan Direkrur PDAM Palopo, H Yasir.

Kehadiran Pansus III ini diterima langsung oleh ketua dan sekertaris PERPAMSI, yang tiada lain adalah Direktur PDAM Gowa dan Direktur PDAM Makassar.
Dalam pertemuan itu, pihak PERPAMSI menjelaskan bahwa, kerjasama antara kabupaten/kota yang bertetangga dimungkinkan untuk saling mengisi dan bekerjasama dalam hal suplai air di daerah perbatasan masing-masing.

Tetapi sebelumnya harus membuat MOU terkait dgn hal-hal yang dikerjasamakan dan segala kemungkinan yang bisa terjadi apabila kerjasama tersebut berakhir, termasuk aset dari masing-masing Perusda dengan mengacu kepada peraturan dan perundang- undangan yg berlaku.

Ketua PERPAMSI juga mengatakan, bahwa rencana PDAM Kota Palopo untuk meningkatkan status dan melakukan perubahan susunan organ dan kepegawaian adalah sebuah keputusan yang tepat, apalagi PDAM Kota Palopo telah memenuhi persyaratan yang telah diatur dalam Permendagri No.2 Tahun 2007 dan merupakan kebutuhan organisasi dalam mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Rombongan Pansus III juga melakukan perjalanan ke Biro Hukum Provensi terkait dengan sistematika penulisan Perda yang diselaraskan dengan undang-undang pembentukan produk hukum daerah. Dimana terdapat beberapa pasal yang direvisi dan disempurnakan.

“Banyak hal yang menjadi perdebatan dalam konsultasi yang kami lakukan, dengan harapan bahwa Perda yang dihasilkan nantinya merupakan Perda yang berkualitas dan mampu memberikan kepastian hukum. Baik internal PDAM ataupun kepada masyarakat yang sebagaian besar konsumen PDAM itu sendiri,” tandasnya. (ara)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top