Ini Penjelasan Wasekjen PB-HMI, Soal Kronologis Penangkapan Kader HMI Oleh Polisi – FAJAR sulsel
News

Ini Penjelasan Wasekjen PB-HMI, Soal Kronologis Penangkapan Kader HMI Oleh Polisi

IMG-20161108-WA0007

img-20161108-wa0007

BULUKUMBA, RADAR SELATAN. CO.ID — Pasca aksi bela islam pada 4 November 2016, yang dilakukan sejumlah Pengurus Besar (PB-HMI) dan sejumlah kader HMI. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PB-HMI, Amijaya dan empat kader HMI lainnya digelandang pihak kepolisan Polda Metro Jaya, Senin malam lalu.

Penangkapan tersebut mendapat respon sejumlah pihak. Polisi dinilai tidak menjalankan protap yang berlaku pada saat penangkapan dilakukan.

Wasekjen Pemberdayaan Umat PB-HMI, Pahmuddin Kholik, kepada Radar Selatan, yang juga berada dilokasi menjelaskan, proses penangkapan yang dilakukan pihak kepolisian begitu cepat. Tiba-tiba sekitar 30-an polisi dari Polda Metro Jaya, masuk kedalam Sekretariat dengan menyapa para pengurus PB-HMI, sembari menyampaikan soal surat penangkapan untuk Sekjen PB-HMI.

“Sekitar pukul 23.30 Wib malam tiba-tiba datang sekitar 30 orang polisi yang menyapa kita ‘selamat malam’ lalu mereka menyampaikan bahwa kami dari polda metro mengantarkan surat penangkapan untuk saudara Amijaya, salah satu pengurus sedang membaca surat yang dibawa, sebagian langsung naik ke lantai dua mengarah ke ruangan Ketum Muliadi P Tamsir,”jelansnya.

Hanya berselang sekitar sepuluh menit polisi yang merupakan pimpinan saat melakukan penangkapan langsung memaksa dan menyeret Ketum PB-HMI untuk ikut dengan surat perintah penangkapan.

“Saudara Amijaya tidak pernah ada surat pemanggilan pertama,kedua, dan ketiga, tadi malam langsung surat perintah penangkapan. Seharusnya tidak demikian, seharusnya melalui prosedur yg benar. Saat ini kita berikan kuasa kepada pengacara. Insya Allah prof Yusril dan pengacara lain ikut mendampingi, saat ini Sekjen dan empat kader lainnya sudah dinaikkan statusnya sebagai tersangka. PB HMI akan rapat konsolidasi nasional menyikapi persoalan ini, “ujar Pahmuddi Kholid yang juga mantan Ketum Badko HMI Sulselbar ini.

RADAR SELATAN

loading...
Click to comment
To Top