Harisal: Prioritaskan Kegiatan yang Penting! – FAJAR sulsel
News

Harisal: Prioritaskan Kegiatan yang Penting!

PALOPO – Ketua DPRD Kota Palopo, Harisal A Latief, mengatakan, 2017 nanti, tidak semua anggaran di Musrenbang dapat terakomodir. Pasalnya, banyaknya SKPD yang terbentuk, membutuhkan anggaran yang cukup besar pada APBD Pokok 2017 nanti.

Makanya itu, melalui reses anggota DPRD Kota Palopo dalam rangka KUA-PPAS APBD Pokok TA 2017 di Kantor Kecamatan Wara Timur, Selasa 8 Nopember 2016, Harisal meminta kepada para camat, lurah dan tokoh masyarakat untuk memprioritaskan kegiatan-kegiatan yang paling penting.

“Tahun 2017 butuh anggaran cukup besar, karena banyaknya SKPD yang terbentuk. Jadi, tidak semua anggaran di Musrenbang dapat terakomodir. Makanya kami meminta agar yang diusulkan adalah kegiatan yang dianggap paling prioritas,” katanya kepada undangan yang hadir.

Harisal juga menyebutkan, pada APBD Perubahan kemarin, sudah ada beberapa item yang disusun. Dan sejumlah kegiatan juga sudah diakomodir. Itu akan berlanjut hingga akhir tahun 2016. “Untuk tahun 2017, akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,” sebutnya.

Reses dilanjutkan dengan pemaparan masing-masing kelurahan yang ada di Kecamatan Wara Timur. Kelurahan yang ada di Kecamatan Wara Timur diantaranya Kelurahan Benteng, Malatunrung, Ponjalae, Pontap, Salekoe, Salotellue dan Surutanga.

Keluhannya hampir sama, yakni masalah normalisasi drainase, kanal, perbaikan aspal, kantor kelurahan dan dana-dana kegiatan di kelurahan dan PKK. Misalkan saja, di Kelurahan Tomarundung mengeluhkan masalah banjir dan ingin adanya normalisasi kanal dan drainase termasuk pengaspalan jalan menuju puskesmas.

Usulan itu langsung dijawab oleh anggota DPRD Kota Palopo, Hamksa Pasau. Katanya, normalisasi kanal, draninase dan pengaspalan jalan akan dikerjakan secepatnya dalam waktu dekat ini.

Dalam kesempatan itu, Camat Wara Timur, Baso Aznur sempat mengeluhkan kebutuhan dana-dana kegiatan yang kerap dibebankan kepada kecamatan dan kelurahan. Tetapi langsung ditangkis oleh Ketua Komisi III DPRD, Budiman.

“Masalah dana-dana yang ada di kecamatan dan kelurahan, baiknya dibicarakan dengan pimpinan anda. Yakni wali kota, kalau berani silahkan sampaikan ke Pak Wali,” tangkisnya atas keluhan camat wara timur.

Lurah Pontap juga menyinggung masalah dana anggran PKK. Kata Lurah Pontap, kegiatan PKK sinergi dengan kegiatan kelurahan. Namun dijawab lagi oleh Budiman. Kata Budiman, anggaran untuk kegiatan PKK cukup besar.

“Anggaran untuk PKK sudah ada dan cukup besar. Silahkan koordinasi dengan Ketua PKK,” sebut Budiman lagi.
Kondisi kantor yang kerap terendam banjir juga menjadi keluhan lurah Pontap. Katanya, tiap kali hujan deras, kantornya dimasuki air hingga betis orang dewasa.

Anggota DPRD Palopo yang hadir dalam reses di Dapil II tersebut diantaranya, Harisal A Latief, Aziz Bustam, Islamuddin, Budiman, Abd Rauf Rahim, Hamka Pasau, Andi Herman Wahidin dan Marigallang. Hadir juga Camat Wara Timur, para lurah dan perwakilan dari SKPD terkait.(ara/rhm/d)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top