2017, Telkom dan Pemkot Terapkan Smart City – FAJAR sulsel
News

2017, Telkom dan Pemkot Terapkan Smart City

PALOPO— PT Telkom Cabang Palopo sementara menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Palopo. Ini, untuk menerapkan Smart City Nusantara atau Inovasi Kota Pintar untuk Indonesia.

Kepala Kantor Daerah Telkom Palopo Murlawa SE kepada Palopo pos Rabu, 9 November 2016 mengatakan, Smart City ini merupakan program nawacita pemerintahan Jokowi JK. ”Salah satunya melalui Smart City Nusantara ini,” jelasnya.
Ia mengatakan, pihaknya telah menjalin komunikasi dan sosialisasi kepada Wali Kota Palopo.

Komunikasi ini mendapat respon positif. Pihak Pemkot sementara menganggarkan anggaran Smart City ini. Menurutnya, tahun 2017 nanti sudah bisa direalisasikan.
”Kami dari PT Telkom selalu siap menjalankan Smart City,” katanya.

Murlawa menjelaskan lebih jauh, Smart City Nusantara salah satu yang ditawarkan Telkom untuk memangkas hal meliputi, komitmen pengabdian PT Telkom Indonesia mendorong percepatan pemanfaatan teknologi ICT untuk mewujudkan tata kelola pemerintah daerah serta untuk melayani masyarakat.

Wahana pemerintah daerah yang ingin memahami dan mengimplementasikan konsep Smart City dengan benar dan cepat.

Terdiri dari digital broadband infrastruktur sebagai paltform dasar dan 7 vertical solution di antaranya, smart goverment, smart education, smart security, smart healthcare, smart transportation, smart environment, dan smart citizen.

Program Smart City ini merupakan salah satu konsep Kota Cerdas. Ini dirancang untuk membantu masyarakat dalam berbagai bidang. Yah, khususnya dalam mengelola sumber daya secara efisien, serta dapat memberi kemudahan kepada warga masyarakat dalam mengakses informasi dalam berbagai bidang.

Dijelaskan, program Smart City Nusantara Telkom ini, dinilai sangat positif dan besar manfaatnya. Terutama katanya, dalam meningkatkan proses pelayanan kepada masyarakat Kota Palopo. Karena, lanjutnya, sistem yang digunakan terintegrasi dengan seluruh pelayanan, seperti Smart City Government, yang meliputi e-Government, e-Kelurahan, Smart City Transformation atau e-Terminal, Smart City Health Care dan Smart City Environment. Sebab, dengan sistem yang terintegrasi ini, masyarakat dapat mengetahui tingkat pencapaian setiap program, yang dilaksanakan oleh setiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah) serta Kecamatan dan Kelurahan, khususnya di Kota Palopo.

Selain itu, juga dapat dijadikan tolak ukur masyarakat, terutama dalam mengambil suatu kebijakan. Karena, masyarakat mengetahui tingkat keberhasilan setiap program, yang dilaksanakan oleh setiap OPD serta Kecamatan dan Kelurahan, khususnya di Kota Palopo.
Yang tidak kalah penting, dengan adanya program Smart City Nusantara Telkom ini, semua pihak dapat memantau pelaksanaan dan realisasi RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) serta Visi dan Misi Kepala Daerah, yang dilakukan oleh setiap OPD serta Kecamatan dan Kelurahan di Kota Palopo, termasuk tingkat pencapaian dan keberhasilannya.(mg3/uce)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top