Tahun ini Angka Kematian Ibu dan Anak Menurun di Bulukumba – FAJAR sulsel
News

Tahun ini Angka Kematian Ibu dan Anak Menurun di Bulukumba

fb_img_1479080529708

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID– Forum Masyarakat Peduli Kesehatan Ibu dan Anak (Formap-KIA) mengklaim tahun ini angka kematian ibu dan anak di Kabupaten Bulukumba mengalami penurunan.

Aktivis Formap-KIA, Bakri Abu Bakar menjelaskan, 2013 tercatat sebanyak 11 orang ibu melahirkan meninggal dunia, 2014 sebanyak 12 orang, 2015 tujuh orang dan tahun ini Januari hingga Oktober hanya empat orang.

“Jadi memang tahun ini mengalami penurunan dibanding tiga tahun sebelumnya,” kata dia, Minggu, 13 November 2016.

Lanjut Bakri, penurunan angka kematian terhadap ibu melahirkan tentu tidak lepas dari peran dan komitmen sejumlah pihak termasuk pemerintah, Dinas Kesehatan, tenaga medis dan terutama fasilitas kesehatan.

“Menurut kami penyediaan layanan khususnya di RSUD Bulukumba mengalami peningkatan sehingga menekan angka kematian ibu melahirkan. Selain itu upaya tersebut juga tidak lepas dari peran serta masyarakat,” bebernya.

Untuk lebih mengoptimalkan upaya penyelamatan terhadap ibu melahirkan, pihaknya mendorong fasilitas kesehatan dan memberdayakan tenaga bidan baik di RSUD maupun di sejumlah puskesmas dan tentu didukung dana yang memadai.

RADAR SELATAN

loading...
Click to comment
To Top