Legislator Nasdem Siap Bantu Istana Tiap Tahun – FAJAR sulsel
News

Legislator Nasdem Siap Bantu Istana Tiap Tahun

PALOPO — Keberhasilan anggota DPRD Sulsel, Armin Mustamin Toputiri menggolkan bantuan Istana Kedatuan Luwu dalam APBD Sulsel 2016 sebesar Rp750 juta, patut diacungi jempol. Apa yang dilakukan politisi Golkar bersama empat legislator Sulsel lainnya, merupakan wujud kepedulian dan komitmen untuk menjaga nilai adat sebagai salah satu simbol perekat wija to Luwu.

Hal itu diungkapkan legislator Nasdem, Abd Rajab yang dihubungi via teleponnya, Senin, 14 November 2016 kemarin. ”Kalau bukan kita, siapa lagi yang mau perhatikan Istana Kedatuan Luwu. Tidak mungkinlah wakil rakyat dari daerah lain. Karena itu, saya selaku anggota DPRD Sulsel dari Dapil Luwu Raya, siap menyisihkan dana aspirasi untuk istana Luwu setiap tahun,” terang mantan Ketua KPUD Lutra ini.

Diakui Rajab, memang ada beberapa teman-teman sesama legislator asal Dapil Luwu Raya yang tidak mau bantu istana. Ada juga yang awalnya sudah memplot dana aspirasnya untk istana, namun dalam perjalanannya, dicabut satu per satu saat pembahasan APBD.

”Makanya yang tersisa Rp250 juta dari lima anggota DPRD Sulsel. Syukur-syukur, kak Armin yang merupakan anggota Banggar dan Komisi C yang mitra kerja dengan kebudayaan, mampu mencarikannya anggaran sehingga totalnya Rp750 juta,” katanya.

Menurut Rajab, istana Kedatuan Luwu memang sudah perlu dibenahi. Pasalnya, atap dan lantainya sudah banyak yang bocok. Hal kecil seperti ini perlu segera dibenahi. Adik kandung dari Kadis Pendidikan Palopo, Akram Risa SPd ini mengharapkan, pemerintah mengalokasikan bantuan Istana Luwu agar pihak kedatuan tidak lagi memikirkan dari mendapatkan sumber dana istana. Sehingga bisa fokus memikirkan pelestarian adat Luwu.

Seperti diberitakan sebelumnya, lima anggota DPRD Sulsel dari Dapil Luwu Raya menyisihkan dana aspirasinya untuk Istana Kedatuan Luwu. Setiap legislator berkontribusi Rp50 juta.
Kecuali Armin Mustamin Toputiri, didamping menyisihkan dana aspirasinya Rp50 juta, juga berhasil memperjuangkan dana tambahan sebesar Rp500 juta. Itu atas kapasitasnya sebagai anggota Badan Anggaran dan pimpinan Komisi C DPRD Sulsel.
Hanya saja, legislator Golkar ini tidak bersedia menyebut nama kelima legislator yang menyisihkan dana aspirasinya untuk istana.
(ikh)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top