Penambang di Bone Desak Perda RTRW Direvisi – FAJAR sulsel
News

Penambang di Bone Desak Perda RTRW Direvisi

IMG_20161114_113218

img_20161114_113218

PENULIS : ASKAR SYAM

WATAMPONE, RB–Pemandangan berbeda dijumpai di halaman Gedung DPRD Bone, Senin 14 November kemarin. Jika biasanya, gedung wakil rakyat dipenuhi kendaraan dinas. Kali ini, truk pengangkut material parkir berjejer di depan dan halaman kantor legislator tersebut. Puluhan pengusaha tambang dan supir truk pengangkut material mendatangi Kantor DPRD Bone, Senin 14 November kemarin.

Mereka datang menyampaikan aspirasi mendesak DPRD melakukan perubahan peraturan daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), dengan memasukkan seluruh kecamatan di Bumi Arung Palakka sebagai wilayah pertambangan.
Salah seorang pembawa aspirasi, Ihsan mengaku Perda Kabupaten Bone yang hanya menetapkan 12 kecamatan sebagai wilayah pertambangan, dinilai sebagai langkah diskriminasi.

“Beberapa tahun terakhir, peraturan pemerintah tentang pertambangan selalu berubah-ubah, yang menyebabkan tidak adanya kepastian hukum. Bahkan Perda RTRW Kabupaten Bone yang hanya menetapkan 12 kecamatan sebagai wilayah pertambangan, telah menyebabkan kami kehilangan usaha sebagai pelaku tambang galian C,” ungkapnya.

“Padahal hidup kami bergantung dari usaha tambang material di Kabupaten Bone,” tambahnya.
Penambang lainnya, Hendra mengaku telah berkomitmen untuk menjaga kelestarian alam dengan tidak merusak lingkungan.
“Adapun aktivitas pertamba-ngan yang kami lakukan dengan menyedot pasir halus pada bagian sungai yang terjadi pendangkalan, sehingga bencana banjir dapat tertanggulangi sampai sekarang,” ujar penambang dari wilayah Bone Utara itu.

Aspirasi pelaku tambang diterima langsung Anggota DPRD Bone, HA Suaedi SH MH, Abdul Rahman dan HA Sulam Mangampara. Perwakilan penambang juga menyempatkan berdialog dengan Ketua DPRD Bone, Drs A Akbar Yahya MM.
Sekretaris Komisi III DPRD Bone, HA Sulam Mangampara menegaskan akan menindaklanjuti aspirasi warga melalui rapat kerja, begitu rekomendasi dari pimpinan DPRD Bone telah masuk ke Komisi III.

*

RADAR BONE

loading...
Click to comment
To Top