Palopo Dibanjiri Buah dari Wajo dan Mamuju – FAJAR sulsel
News

Palopo Dibanjiri Buah dari Wajo dan Mamuju

PALOPO — Buah yang dipasarkan di Palopo, ternyata dari luar daerah. Bukan produksi petani lokal. Buah jeruk dan semangka dipasok dari Mamuju dan Kabupaten Wajo.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispernak) Kota Palopo, Harisman ST, kepada Palopo Pos, mengatakan, pihaknya justru bersyukur ada kabupaten yang memasok buah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Palopo. ”Memang, setiap daerah memiliki ciri khas tertentu dari hasil pertaniannya,” jelasnya.

Jika pertanyaannya mengapa Palopo sendiri tidak menanam jeruk dan semangka padahal banyak diminati, menurut Harisman, unsur tanah yang dimiliki tidak cocok untuk buah jenis ini.

”Petani di Mamuju mampu membudidayakan jeruk jenis kepro dan menyuplai ke beberapa daerah. Itu karena unsur tanah yang dimiliki Mamuju, sangat cocok untuk ditatami jeruk. Begitu juga dengan Wajo, petani di sana sawahnya mengubah tanaman pertaniannya dari padi menjadi semangka,” jelasnya. Kata dia, sawah di Wajo hanya mampu melakukan pesta panen hanya sekali setahun. ”Makanya, petani memilih sawahnya untuk ditanami semangka daripada padi,” jelasnya.

Dibandingkan dengan Palopo, unsur tanahnya tidak mendukung untuk ditanami jeruk. Kejayaan tanaman jeruk di Luwu Raya sudah musnah. Pernah dikenal jeruk Malangke. Kini, sudah hilang karena faktor tanah. Sedangkan semangka, petani padi di Kota Palopo, 2 kali dalam setahun melakukan panen. Dibandingkan petani di Wajo sekali setahun. Tanaman semangka tidak memiliki musim, tetapi melihat kualitas rasa tentu berbeda jika Palopo ditanami semangka. “Ada intrerval waktu berbuahnya,” jelas Harisman.

Harisman mengatakan, ciri khas untuk tumbuhan hortikultura Kota Palopo adalah durian. Kota Palopo terkenal dengan buah duriannya. Dimana-mana durian yang dijual di Kota Makassar, orang-orang hanya taunya durian Palopo.(mg3/ary)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top