Dinkes Tawarkan Kantin Sehat – FAJAR sulsel
News

Dinkes Tawarkan Kantin Sehat

* Antisipasi Kasus Keracunan ke Siswa

PALOPO — Dinas Kesehatan Kota Palopo ikut mengantisipasi kasus keracunan yang dipicu mamin merebak di sekolah. Tragedi es beracun di Sumarambu dan kasus jalangkote di Pontap, membuat dinas kesehatan seperti kecolongan. Ke depan, agar kasus ini tidak terulang lagi, dinkes punya resep jitu. Ia menawarkan kantin sehat di sekolah.

Kepala Dinas Kesehatan Palopo, Dr dr Ishak Iskandar, M.Kes, kepada Palopo Pos, di sela-sela pelaksanaan Jambore Posyandu, pekan lalu, menyebutkan bahwa mengenai penanganan keracunan terhadap siswa, saat ini pihaknya bekerjasama dengan beberapa dinas akan melakukan pengawasan secara ketat makanan dan minuman yang dijual di sekolah-sekolah. “Kami sudah bertemu dengan dinas pendidikan. Jadi nantinya ada yang namanya kantin sehat di setiap sekolah. Di sinilah para siswa membeli jajanan,” sebut Ishak.

Kantin sehat ini, lanjut dia, dari penjual yang berkeinginan menjual di sekolah. Nantinya akan diseleksi mengenai kehigienisan makanan dan minuman yang dijajakan, apakah sehat atau tidak, dan layak untuk menjual di sekolah.

“Mengenai warung-warung yang menjual makanan dan minuman, kita juga akan periksa dengan bekerjasama BPOM Makassar, termasuk juga penjual mamin di sekolah, mengenai waktunya masih belum bisa ditentukan, karena harus menyesuaikan dengan instansi terkait, karena kerja-kerja ini merupakan lintas sektor,” ucap Ishak.

Ketika ditanya mengenai pendanaan bagi siswa-siswa atau masyarakat jika misalkan ada kejadian serupa yang ternyata tidak ditanggung oleh BPJS, diungkapkannya, mengenai anggarannya diambil dari dana kontijensi plan atau tanggap darurat. “Untuk APBD tahun 2017 kita usulkan agar dana mengenai keracunan dan semacamnya dapat diakomodir, apalagi hal seperti ini tidak diatnggung BPJS,” tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kasus keracunan menimpa 73 peserta didik di Sumarambu, kemudian kasus jalangkote di Pontap.(ich/ary)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top