Pembangunan Bandara tidak Jelas, Bupati Tagih Pemprov – FAJAR sulsel
News

Pembangunan Bandara tidak Jelas, Bupati Tagih Pemprov

images-1

* Bupati Tagih Pemprov
* Sisa Menunggu Patokan Ulang

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Kelanjutan pembangunan bandar udara (Bandara) di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, mulai tidak jelas. Padahal, sarana transportrasi itu telah dirancang sejak pemerintahan H Zainuddin Hasan-H Syamsuddin.
Bupati Bulukumba, A M Sukri Sappewali mulai mempertanyakan dan menagih pemerintah provinsi (Pemprov) agar program pembangunan bandara bisa dilanjutkan dan diselesaikan. Alasannya, bandara sangat bermanfaat untuk pengembangan pariwisata di Bumi Panrita Lopi ini.
Menurutnya, sejak diletakkanya batu pertama dititik lokasi pembangunan bandara, di Desa Ara, Kecamatan Bontohari oleh Gubernur Sulawesi-Selatan, Syahrul Yasin Limpo, hingga saat ini tidak lagi didengar kabar kelanjutan bangunannya. Padahal dari segi lahan, Bira memeiliki lokasi startegis dalam pembangunannya, apalagi lokasi berada ditengah-tengah destinasi andalan Bulukumba.
“Kalau ini jadi pak (Bandara,red), pengunjung di Sulsel dan di Bulukumba akan membludak dan tentu akan bisa memajukan pendapatan daerah di sektor kepariwisatawanan,” ujar Sukri, saat menyampaikan sambutan diacara Festival Pinisi XII, Sabtu, 19 November, lalu.
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Kadisbudpar) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Syafruddin Rahim dalam sambutanya menyebutkan, Bulukumba adalah salah satu daerah andalan Sulsel dalam pengembangan pariwisata. Untuk 2017, Pempov telah menjadi Bulukumba sebagai daerah pengembangan pariwisata yang menurut Gubernur Provinsi Sulsel akan mengelontorkan anggaran untuk membantu pengembangannya.
“Apa yang tidak ada di Bulukumba, kamipun selaku masyarakat Sulsel bangga dengan Bulukumba, makanya saya diperintahkan langsung sama Pak Gub untuk mengawal pembanguanan di Bulukumba termasuk bandara yang sebelumnya telah ditentukan lokasi pembangunannya,” ujar Syafruddin.
Syafruddin mengaku, disetiap pertemuan kepariwisatawanan, Pak Gub berulangkali membanggakan Bulukumba dihadapan koleganya, yang tentu dalam pengembangannya, dia meminta dukungan Pemerintah Kabupaten, untuk membuka akses jalan, termasuk membawa para investor swasta dalam pengembangan mendatang.
“Siapa yang tidak kenal bunaken, keindahan alamnya elok nan eksotis, namun bisa kalah dengan Bali karena tidak ada akses jalanya. Dan saya rasa kalau perbandingan dari seluruh wisata yang ada, Bulukumbalah tempatnya surga wisata yang semuanya lengkap, makanya pak bupati tolong diperbaiki akses jalanya, dan kita di Provinsi sudah komitmen untuk pengembangannya,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Bulukumba, H Andi Rosali Liong mengungkapkan, pembangunan bandara sisa menunggu patokan ulang lokasi yang ditunjuk untuk lokasi pembangunan yakni, di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari.
Pematokan ulang oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dilakukan karena adanya struktur baru dikementerian.
“Sudah ditentukan kemarin, cuma akan kembali diajukan lagi karena pengurus dan pemerintahan yang baru,” ujarnya.
“Pemprov sudah mau bantu Rp3,5 miliar, namun dana itu tidak bisa kita pergunakan mengingat penlok dari Dirjen Perhubungan Udara belum ada,” sambunganya.
Saat ini, lanjut dia, dari 70 hektare lahan yang dibutuhkan, rencananya baru sekira 1.600 meter yang akan dibangun. “Itu adalah panjang run away-nya,” bebernya. (**)

Grafis

* Pembangunan bandara sisa menunggu patokan ulang lokasi yang ditunjuk untuk lokasi pembangunan yakni, di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari.

* Pematokan ulang oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dilakukan karena adanya struktur baru dikementerian.

* Pemprov sudah mau bantu Rp3,5 miliar, namun dana itu tidak bisa kita pergunakan mengingat penlok dari Dirjen Perhubungan Udara belum ada.

* Dari 70 hektare lahan yang dibutuhkan, rencananya baru sekira 1.600 meter yang akan dibangun.

SUMBER: DISHUBKOMINFO BULUKUMBA

RADAR SELATAN

loading...
Click to comment
To Top