Megawati: Palopo Harus Miliki BPOM – FAJAR sulsel
News

Megawati: Palopo Harus Miliki BPOM

PALOPO – Kasus keracunan makanan di Kota Palopo bukan kabar baru lagi. Sudah biasa terjadi. Korbannya pun hingga puluhan orang. Untung saja tidak ada korban jiwa. Melihat fenomena ini, Ketua Komisi I DPRD Kota Palopo, Dra Megawati MM berniat melakukan lobi ke Provinsi Sulsel agar Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk Kota Palopo bisa terbentuk.

“Masalahnya, kasus keracunan makanan sudah sering terjadi di Kota Palopo,” kata Ketua Komisi DPRD Kota Palopo, Dra Megawati MM kepada Palopo Pos, Senin 21 November 2016.

Dulu, sebutnya, di bulan Nopember 2015 juga pernah terjadi kasus yang sama. Dimana puluhan warga di Kecamatan Sendana terpaksa dilarikan ke rumah sakit setelah menikmati makanan pada acara syukuran salah seorang warga. Kembali kasus yang sama terjadi di Nopember 2016 ini, puluhan anak sekolah di Kecamatan Telluwanua keracunan es celup. Bahkan ada juga warga di Kelurahan Pontap mengalami oleng setelah menyantap jalangkote.

“Saya sudah konfirmasi ke Dinas Kesehatan. Katanya, BPOM untuk Kota Palopo belum ada, untuk itu, kita akan mengupayakan agar BPOM bisa ada di Palopo. Tujuannya, agar kasus keracunan makanan bisa dihindarkan dengan terus dilakukannya sidak makanan dan minuman,” ungkap legislator dari partai PKS ini.

Terkait hearing lintas Komisi DPRD dengan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan BPJS Kesehatan terkait pengawasan makanan dan minuman serta pengobatan korban keracunan makanan, yang berlangsung baru-baru ini, Megawati mengungkapkan, pelaksanaannya diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing SKPD termasuk dalam hal ini Dinas Koperindag.

“Biarkan mereka bekerja sesuai tupoksi masing-masing. Setelah itu, kami akan minta laporan pelaksanaan dari masing-masing instansi terkait,” tegasnya.(ara/rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top