Calon TKI Wajib Lapor – FAJAR sulsel
News

Calon TKI Wajib Lapor

1-

1

PENULIS : BAHARUDDIN

WATAMPONE, RB—Calon tenaga kerja yang akan berangkat keluar ne-geri wajib melaporkan diri kepada pemerintah setempat dan Dinas Tenaga dan Transmigrasi. Ini dimaksudkan agar calon TKI mendapat perlindungan saat bekerja di tempat tujuan.
Wakil Bupati Bone, Drs H Ambo Dalle MM mengatakan selain memiliki dokumen yang diperlukan, calon tenaga kerja juga harus mempersiapkan diri, sehingga bisa bersaing di luar negeri. “Tenaga kerja kita yang bekerja di luar negeri harus memiliki standar. Harus mempersiapkan diri sehingga bisa menjadi tenaga kerja yang siap bersaing,” kata Ambo Dalle dalam sambutannya sesaat sebelum membuka kegiatan Sosialisasi Tentang Penempatan dan Perlindu-ngan Calon Tenaga Kerja Indonesia di Gedung PKK Watampone, Rabu 23 November kemarin.

Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bone itu, diharapkan wabup agar diteruskan hingga ke tingkat desa, sehingga masyarakat bisa mengetahui secara persis mekanisme menjadi tenaga kerja di luar negeri.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bone, Drs H Alimuddin Massapa MH mengatakan kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat agar mengetahui mekanisme bekerja di luar negeri, sehingga kelak tidak ditemukan TKI yang bermasalah. “Selama ini, kita tidak memiliki data yang akurat soal TKI yang bekerja di luar negeri.

Kenapa, karena mereka berangkat secara sembunyi-sembunyi. Padahal mereka wajib lapor sebelum berangkat. Mereka mengaku sebagai tenaga kerja tapi tidak memiliki dokumen. Makanya, kami hadirkan BP3TKI dan Kemenkum HAM untuk memaparkan mekanisme menjadi TKI. Maksudnya supaya calon TKI bisa berangkat aman dan terlindungi di tempat tujuan nantinya,” tegasnya.

Yang menarik juga dengan kehadiran pihak Kemenkum HAM dalam sosialisasi ini, kata Alimuddin terungkap jika Kemenkum HAM akan membuka kantor perwakilan imigrasi di Bone. “Nantinya itu akan berkantor di bekas lembaga pemasyarakatan di Jl Merdeka,” tambah Muhammad Irwan, Kabid Pemberdayaan dan Ketenagakerjaan Disnakertrans Bone.

*

RADAR BONE

loading...
Click to comment
To Top