Upssst, Napi Bebas Gunakan HP di Lapas Taccorong – FAJAR sulsel
News

Upssst, Napi Bebas Gunakan HP di Lapas Taccorong

fb_img_1479954659098

BULUKUMBA, RADAR SELATAN CO. ID — Pengamanan dalam Lapas Kelas II B Taccorong Kabupaten Bulukumba bisa dikatakan tidak steril. Sejumlah tahanan dan napi diduga bebas menggunakan Handphone bahkan mengunggah foto pada sosial media facebook dan Blackberry Messenger (BBM) hampir setiap harinya.

Foto diduga diunggah oleh seorang tahanan narkoba, dengan raut wajah yang penuh keceriaan bersama-sama dengan beberapa temannya sesama warga binaan atau narapidana (Napi).

Bahkan, dalam foto itu juga terlihat rekan-rekan napi dalam kasus yang sama yakni narkoba. Kondisi ini makin menguatkan opini publik tentang kondisi Lapas di Bulukumba. Termasuk terkait peredaran narkoba yang dikendalikan napi dari balik jeruji besi.

Bagaimana tidak, napi yang diharamkan menggunakan handphone di dalam Lapas, justru terlihat bebas menggunakan perangkat telekomunikasi elektronik itu. Bahkan, bila dilihat dari unggahan di facebook itu, napi seakan diijinkan.

“Saya minta agar pihak Lapas Taccorong bisa segera melakukan razia terkait dengan penggunaan ponsel dalam lapas karena ini sudah sangat bebas,” ujar Forum Pemerhati Korban Narkoba (FKPN) Kabupaten Bulukumba, Syahrir, Rabu, 23 November 2016.

Menurut Syahrir, seharusnya penggunaan ponsel terhadap para tahanan dalam lapas dilarang, karena sangat rawan para tahanan untuk melakukan komunikasi dengan dunia luar terutama terkait tahanan narkoba yang bisa saja melanjutkan bisnis narkoba mereka melalui lapas.

Syahrir mendesak agar pihak Lapas Taccorong Kabupaten Bulukumba segera melakukan operasi penggunaan ponsel napi di dalam lapas, karena dirinya menyakini kalau hampir rata-rata napi di dalam lapas bebas menggunakan ponsel di dalam lapas.

Humas Lapas Taccorong, Salam dikonfirmasi Radar Selatan kemarin mengatakan kalau larangan untuk penggunaan HP dalam lapas sejak lama sudah dilakukan.

Bahkan pihaknya sudah semaksimal mungkin mengantisipasi penggunaan HP di dalam Lapas, karena napi dilarang keras menggunakan HP. Bahkan, hampir setiap bulan, petugas melakukan penggeledahan di blok-blok napi.

“Ada yang didapat. Tapi setelah itu, masih ada juga HP di dalam Lapas. Aneh juga,” ungkapnya.

Menurut dia, berbagai macam cara pasti dilakukan napi agar bisa menggunakan HP sehingga dalam waktu dekat ini dirinya berencana melakukan operasi besar-besaran dalam lapas Taccorong.

RADAR SELATAN

loading...
Click to comment
To Top