Wali Kota Terima Penghargaan HAI – FAJAR sulsel
News

Wali Kota Terima Penghargaan HAI

pelantikan-wakil-PN-palopo1

BELOPA — Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, MH menerima penghargaan dari Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo pada puncak peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) yang jatuh pada Rabu 23 November 2016.

Peringatan HAI ini dipusatkan di Kota Parepare untuk wilayah Sulawesi Selatan. Pada kesempatan itu, Gubernur SYL memberikan penghargaan kepada Wali Kota Bupati Luwu, atas prestasi Kota Palopo dalam melaksanakan percepatan penuntasan tuna aksara tahun 2016.

”Alhamdulillah Kota Palopo dalam hal ini Wali Kota mendapatkan penghargaan yang diserahkan langsung oleh Gubernur. Penghargaan ini karena Palopo merupakan salah satu daerah yang komitmen dalam memberantas buta aksara,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palopo, Akram Riza kepada Palopo Pos, Kamis 24 November 2016.

Untuk diketahui, penyelenggaraan program pemberantasan buta aksara fungsional, bukan semata-mata memberikan kemampuan baca, tulis, hitung serta kemampuan berbahasa Indonesia bagi masyarakat yang buta aksara, tetapi lebih jauh dari itu program pemberantasan buta aksara fungsional memberikan keterampilan-keterampilan fungsional yang bermakna bagi kehidupan warga, belajar sehari-hari, sehingga mereka semakin mampu untuk meningkatkan kualitas kehidupannya.

Untuk itu, Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel melaksanakan berbagai Lomba Tutorial Keaksaraan yang dilaksanakan di Parepare untuk memberikan motivasi kepada masing-masing kabupaten kota untuk menyelenggarakan program pemberantasan buta aksara.

Terkait program buta akasra, Akram Riza mengatakan titik tumpu dari program pemberantasan buta aksara adalah warga belajar atau masyarakat itu sendiri, yaitu penyelenggaraan program pemberantasan buta aksara fungsional baik metode maupun substansinya serta keterampilan fungsionalnya harus didasarkan atas minat dan kebutuhan warga, belajar serta didukung oleh potensi lingkungan yang ada di sekitar warga belajar.

“Di Kota Palopo, program pemberantasan buta aksara terus digalakkan oleh pemerintah. Dan hal ini menjadi komitmen semua teman-teman untuk berpartisipasi dalam program yang digagas pemerintah,” tandasnya.(rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top