Ternyata, Zeng Jinmau Sudah Lima Kali ke Palopo – FAJAR sulsel
News

Ternyata, Zeng Jinmau Sudah Lima Kali ke Palopo

Zeng-Jianmo

PALOPO — Matanya sipit. Rambutnya dicat warna merah. Kulitnya agak putih. Di lehernya tidak pakai kalung. Zeng Jinmao ngakunya punya dua anak ditinggal di Tiongkok.

Ke Palopo sendiri. Mengaku tidak ada anggota keluarga yang menemani.

Selama di Palopo, ia bekerja sebagai pedagang. Menjajakan barang dagangannya berupa baju dan tas ke masyarakat di PNP. Padahal, aturannya ngak boleh. Karena visa yang dikantongi adalah kunjugan biasa. Bukan visa kerja. Makanya Imigrasi Palopo amankan dan dipantau secara ketat.

Dari pengakuannya di kantor Imigrasi Palopo, perempuan ini punya suami dan dua orang anak di China. Baginya, Kota Palopo tidak asing lagi. ”Katanya sudah lima kali datang di Palopo. Makanya, kami juga kaget,” ujar Samuel Toba, kepala kantor Imigrasi Palopo, kepada Palopo Pos, Jumat 25 November 2016.

Adapun rute masuk orang asing tersebut, lanjut Samuel, ia berangkat dari negaranya. Menumpangi pesawat China Airlines. Dari Jakarta ke Makassar terbang dengan pesawat Lion Air. Kemudian dari Makassar ke Palopo naik mobil bus.

Dimana nginap selama di Palopo? Kata Samuel, di Palopo tinggal di Toko Variasi Motor. Milik James. Katanya, mereka memiliki hubungan keluarga. ”Tapi katanya sudah keluarga jauh,” ujarnya dengan nada tanya.

Setelah diperiksa di kantor imigrasi Palopo, pekan lalu, orang China diantar ke rumah James untuk mengemasi barang-barangnya. Sebab, Imigrasi Palopo setelah melalui serangkaian pemeriksaan dan terbukti melanggar aturan keimigrasian, Samuel kemudian membawa perempuan tersebut ke Imigrasi Parepare. Untuk selanjutnya dipulangkan ke negara asalnya. Ia juga masuk dalam daftar pencekalan. Agar tidak bisa masuk kembali ke Indonesia.

Jadi, Palopo memang masuk dalam daftar kunjungannya. Jadi pertanyaan kenapa bisa lolos-lolos masuk. Kalau begitu, pihak Imigrasi boleh dikata kecolongan. Samuel dengan santai menjawab bahwa selama ini belum ada kantor imigrasi. Jadi, kata dia, orang asing bebas masuk Palopo.(ara/ary)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top