2017, Sentra Kuliner Produk Perikanan Dibangun – FAJAR sulsel
News

2017, Sentra Kuliner Produk Perikanan Dibangun

PALOPO — Tahun 2017 mendatang, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Palopo telah mengusulkan bantuan cold storage kapasitas 300 ton dan sentra kuliner untuk produk perikanan. Pengusulan ini diajukan pada rapat Sistem Logistik dan Inrastuktur (SLIN) Ditjen PDSPJP yang dilaksanakan di Jakarta belum lama ini.

Hal ini diungkapkan Sekretaris DKP Kota Palopo, Lely Kaso Noor kepada Palopo Pos, Minggu 27 November 2016. Menurutnya, rapat tersebut membahas pemanfaatan dan pengelolaan infrastruktur logistik produk kelautan dan perikanan.

“Dalam rapat tersebut kita sudah mengusulkan beberapa bantuan untuk dibagikan lagi kepada nelayan di Kota Palopo,” jelasnya.

Program peningkatan daya saing produk kelautan dan perikanan bertujuan untuk pengembangan usaha-usaha produk kelautan dan perikanan.

“Kita manfaatkan ibu rumah tangga yang mempunyai banyak waktu luang untuk memproduksi hasil laut nelayan. Mereka bisa mengolah hasil laut yang mentah menjadi makanan yang bisa di jajalkan kepada wisatawan maupun pengunjung lokal. Ini bisa menambah ekonomi mereka,” ucapnya.

Untuk menjamin ketersediaan bahan baku produk perikanan dan kelautan, suplay Chain diperlukan sistem logistik untuk memberi nilai tambah terhadap produk perikanan.
“Nantinya kita membentuk sentra kuliner.

Kita bentuk warung-warung khusus kuliner seafood. Jadi para nelayan Palopo nantinya tidak lagi pusing kalau hasil tangkapannya banyak mau di jual kemana. Karena lewat sentra kuliner ini kita bisa menampung hasil laut para nelayan,” jelasnya.

Untuk diketahui, dua tahun terakhir ini Kota Palopo mendapatkan bantuan infrastruktur logistik, berupa pabrik es batu, cold stroge dan gudang rumput laut.

“Ini upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo dalam mensejahterakan para nelayan di Kota Palopo,” katanya.(rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top