Akhir 2016, Melek Aksara Capai 95 Persen – FAJAR sulsel
News

Akhir 2016, Melek Aksara Capai 95 Persen

MASAMBA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara, hingga akhir Oktober 2016 berhasil meningkatkan angka melek aksara masyarakatnya hingga mencapai diatas 95 persen.

Hal itu terungkap saat pelaksanaan peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) yang dirangkaikan dengan Hari Guru Nasional Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), dipusatkan di Lapangan Andi Makkasau Kota Parepare.

Kadis pendidikan Pemprov Sulawesi Selatan, Irman Yasin Limpo, pada kesempatan itu mengatakan, Pemprov Sulsel bersama pemerintah kabupaten kota terus konsisten dan komitmen untuk peningkatan keaksaran.

“Berdasarkan data statistik, tahun ini ada 16 kabupaten kota yang berhasil meningkatkan angka melek aksara masyarakatnya hingga di atas 95 persen. Yakni Kabupaten Luwu Utara, Barru, Bone, Soppeng, Wajo, Sidrap, Pinrang, Enrekang, Luwu, Tana Toraja, Bulukumba, Luwu Timur, Toraja Utara, Kota Makassar, Palopo, dan Kota Parepare,” ucapnya.

Secara terpisah, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, mengungkapkan tentang komitmen Pemerintahannya dalam menuntaskan buta aksara di Kabupaten Luwu Utara.
“Hal itu bisa dicapai dengan dukungan semua stakeholder terkait,” ungkapnya.

Salah satu upaya untuk menuntaskan buta aksara di Luwu Utara, kata dia, adalah dengan mengalokasikan anggaran sektor pendidikan diatas 20 persen dari APBD.
“Capaian 95 persen angka melek aksara, didukung dengan kebijakan anggaran bidang pendidikan di atas 20 persen APBD,” ujarnya.

Ia juga mengharapkan komitmen Pemerintah Desa untuk dapat membuat program dalam menuntaskan buta aksara di Luwu Utara. “Termasuk dari kelompok masyarakat peduli pendidikan yang bekerja secara swadaya,” katanya.
(mah/rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top