Alat Pemanggil Ikan dan Zaro Snack Diminati Pengunjung – FAJAR sulsel
News

Alat Pemanggil Ikan dan Zaro Snack Diminati Pengunjung

foto-pameran1-1

Palopo Ikuti Pameran TTG di Mataram-NTB

Kota Palopo menampilkan Teknologi Tepat Guna (TTG) berupa alat pemanggil ikan dan hasil home industri yang mendapatkan sambutan luar biasa dari pengunjung pada Pameran TTG yang diselenggarakan di Mataram-NTB sejak 22 November 2016 hingga 26 November 2016.

Kota Palopo menjadi salah satu daerah di Indonesia yang berkesempatan mengikuti pameran TTG yang digelar di Mataram-NTB. Dalam pameran tersebut, Kota Palopo menampilkan hasil kerajinan home industri berupa olahan makanan serta teknologi alat pemanggil ikan.

Dan diluar dugaan, alat pemanggil ikan dan Zaro snack mendapatkan sambutan luar biasa. Pasalnya, dari 10 ball yang dipamerkan di ajang TTG, semuanya habis dibeli para pengunjung setiap kali mengunjungi stand Kota Palopo.

”Alhamdulillah, pengunjung pameran TTG memberikan apresiasi yang sangat positif terhadap apa yang telah kami pamerkan disini. Utamanya Zaro snack dan juga alat pemanggil ikan,” sebut Ketua TP-PKK Kota Palopo, dr Hj Utiasari Judas, M.Kes didampingi Sekretaris TP-PKK Kota Palopo, Suriani A. Kaso kepada Palopo Pos.

Selain itu, sebutnya, stand Kota Palopo juga memamerkan berbagai jenis hasil olahan home industri seperti ikan kering, coklat madani, sagu instant, Sarabba instant, bagea dan jenis kue lainnya.

”Kami berharap dengan adanya pameran TTG ini, Kota Palopo dapat lebih dikenal di daerah lain karena hasil TTG yang dihasilkan dapat bersaing dengan daerah lainnya,” harap isteri Wali Kota Palopo ini.

Selain itu juga, lanjutnya, dapat memberikan pengalaman kepada para kader PKK yang ikut untuk lebih kreatif dan inovatif dengan mencontoh daerah lainnya.

Selain kader TP-PKK yang ikut pameran, juga SKPD lain menyertai seperti BPMP-KB, Bappeda, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pertanian, dan Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT).

Pada pembukaan pameran TTG tersebut, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Eko Putro Sandjojo membuka gelar TTG Nasional XVIII Tahun 2016 di Mataram yang berlangsung 22-26 November.

TTG kali ini merupakan gelaran nasional pertama kali diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, dimana perhelatan TTG sebelumnya dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri.

“Mari gunakan inovasi ini untuk lebih mempercepat pembangunan desa. Karena desa bisa menjadi motor pembangunan, mudah-mudahan teknologi bisa mempercepat pembangunan di desa-desa,” ujar Eko di Mataram.

Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Ahmad Erani Yustika melaporkan penetapan tuan rumah TTG Nasional di Provinsi NTB berdasarkan kesepakatan bersama pada rapat koordinasi tanggal 18 Oktober 2015 di Kota Banda Aceh yang dihadiri oleh kepala Badan Pembangunan Masyarakat Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Gelaran TTG Nasional XVIII tahun 2016 memberikan penghargaan kepada 9 Gubernur, 8 Bupati, dan 4 Walikota antara lain Gubernur NTB, Gubernur Kepulauan Riau, Gubernur Lampung, Gubernur Jawa Tengah, Gubernur Kalimantan Timur, Gubernur Sulawesi Selatan, Gubernur Riau, Gubernur Sumatera Barat, dan Gubernur Jawa Barat.

Delapan Bupati dan Walikota yang menerima penghargaan yaitu Bupati Lombok Timur, Bupati Lampung Timur, Bupati Pati, Bupati Wajo, Bupati Batang, Bupati Tanah Datar, Bupati Pelalawan, Bupati Bandung Barat, 4 Walikota, antara lain Walikota Tanjung Pinang, Walikota Balikpapan, Walikota Batam, Walikota Jakarta Barat.(rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top