Satlantas Survey Jalan Rawan Laka – FAJAR sulsel
News

Satlantas Survey Jalan Rawan Laka

Survey-jalan-1

*Antisipasi Mudik Natal dan Tahun Baru 2017

PALOPO – Perintah dari Polda Sulawesi Selatan (Sulsel), semua Polres termasuk Polres Palopo harus mempersiapkan diri menghadapi arus mudik natal dan tahun baru. Untuk itulah Satlantas diminta untuk mulai melakukan survey jalan.

Jalan mana yang dianggap rawan kecelakaan lalu lintas (laka) atau balckspot dan inventarisir prasarana kelengkapan jalan. Survey jalan itu dilaksanakan oleh Satlantas Polres Palopo bekerjasama dengan Dinas Perhubungan, Dinas PU dan Jasa Raharja.

Itu dipimpin oleh Kanit Dikyasa, Iptu Tabita didampingi Kanit Laka, Ipda PY Catur Suhendra.

Survey jalan dimulai pukul 09:30 Wita. Di hari pertama itu, tim survey jalan mulai memantau jalan yang ada di dalam kota Palopo hingga poros jalan menuju bagian Utara kota. Ditemukan masih banyak masalah yang perlu dibenahi.

Contohnya, di dalam kota, sebagian traffict light tidak berfungsi. Ada yang berfungsi namun hanya sampai pukul 22:00 Wita. Hal itu mengakibatkan kecelakaan lalu lintas di atas pukul 22:00 Wita.
Lalu, Jl Ahmad Kasim ditemukan masih ada plat dekker yang belum selesai dikerjakan. Lampu jalan di Jl Dr Ratulangi khususnya di lokasi pelebaran jalan tidak ada. Mengakibatkan jalan tersebut gelap di malam hari.

Penyempitan jalan di depan RSS Balandai juga dipantau. Termasuk zebra cross di depan SD yang ada di Kecamatan Telluwanua. Khususnya yang berada di poros jalan trans Sulawesi.
“Khusus hari ini, jalan yang kita survey di dalam kota menuju Utara,” kata Kanit Dikyasa Satlantas Polres Palopo, Iptu Tabita.

Menurut Tabita, sesuai permintaan dari Polda Sulsel, menghadapi arus mudik natal dan tahun baru, jalan yang rawan laka lantas, rawan longsor, tidak ada marka jalan, tidak ada rambu-rambu akan didata.

“Soal tidak berfungsinya traffict light akan dikoordinasikan dengan Dishub, masalah lampu jalan dikoordinasikan dengan PJU dan masalah jalan konfirmasinya dengan Dinas PU,” jelasnya.

Sementara itu, Kanit Laka, Ipda PY Catur Suhendra yang juga dimintai keterangannya, mengatakan, lokasi rawan laka lantas paling banyak terjadi di poros Utara. Khususnya ditikungan Mancani.

“Kalau Jl Dr Ratulangi di wilayah Salobulo, sejak ada jalur dua, laka lantas mulai jarang disana,” tandas Catur.(ara/rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top