Bermodal Seadanya, Kini Raup Untung Hingga Rp2 Juta Perhari – FAJAR sulsel
News

Bermodal Seadanya, Kini Raup Untung Hingga Rp2 Juta Perhari

Menyebut kata burger, maka tertuju pada makanan luar negeri yang laris manis di pasar kuliner indonesia. Meski makanan ini populer oleh sejumlah perusahaan ternama. Namun bagi kalangan usaha bukan hal yang sulit untuk membuatnya, dan menjadi daya tarik bagi penikmat kuliner tersebut. Itu karna harga lebih murah dan rasa yang relatif enak. Hal tersebut mendorong Ogi, perantau dari Jawa Timur yang mulai memasarkan produk burger dengan harapan bisa memenuhi keinginan para penikmat burger di Kota Palopo.

LAPORAN :MUH. KHAEDIR ARIFIN

Ogi, saat ditemui di tempat usahanya,Senin, 28 November 2016 menuturkan dirinya memanfaatkan peluang yang ada. Ia Merintis usaha jualan burger tersebut dengan melanjutkan usaha ibunya di Timampu Luwu Timur. Dimana selama ini, dirinya punya pengalaman bantu orang tua berdagang burger. Berbekal hal itu, ia berupaya untuk mandiri. Usaha tersebut menjadi pilihannya untuk memulai. Apalagi, Burger salah satu kuliner yang cukup diminati.

Dirinya memulai bisnis tersebut dengan memberi nama usahanya Unique Chicken Burger. Dari Luwu Timur ia pindah ke Kota Palopo dengan harapan pasar disini terbuka untuk mengembangkan usahanya.

Pilihan lokasi pun di wilayah ramai seperti di SDN 80 Lalebata dimana sasaran pasarnya adalah siswa SD, ia bersaing dengan pedagang lainnya. Namanya memulai, usaha tidak seketika berjalan mulus, apalagi saat itu berdagang dengan fasilitas apa adanya.

“Saya menggunakan gerobak yang terbuat dari sepeda yang dimodifikasi, Betul betul apa adanya” ujarnya. Ia juga menuturkan Usahanya tersebut belum mendapatkan respon positif dari kalangan yang notabene anak sekolah. “Mungkin makanan yang saya jual belum sesuai selera penikmat burger,” pikir Ogi. Sempat putus asa usaha tersebut terhenti dan pulang kampung bantu orang tua, sambil kumpul modal.

Ia meyakini burger akan laku dipasaran namun membutuhkan inovasi. Hingga tahun 2016, kembali menekuni bisnis tersebut. Saya putuskan kembali jualan,” katanya. Peluang kedua ia manfaatkan dengan sebaik-baiknya, gerobak modifikasi ia tinggalkan. Ia menggunakan mobil untuk memasarkan produknya.

“Mobil tua Daihatsu Zebra yang menganggur dirumah orang tua, daripada tinggal mending kupakai untuk jualan,” ujarnya kepada orang tuanya, sang pemilik mobil waktu itu. Pikirannya dengan menggunakan mobil, sejumlah tempat bisa diakses hingga ke Belopa kabupaten Luwu.

Disitulah ia mendapat respon yang baik. “Hampir semua kalangan ingin mencoba burger buatannya,” ujarnya. Keberhasilan di Belopa pada saat itu menghadirkan kompetitor baru. sehingga omzet yang nilai Sejuta perhari turun drastis. Namun hal itu memotivasi dirinya untuk terus berusaha yang terbaik.

Kembali ke palopo dan di terima semua kalangan hingga saat ini, seperti saat di belopa. “Sampai sekarang pelanggan masih setia dan lancar,” ujarnya. Sehari hari ia Berdagang mulai pukul 08.00-17-00 di Pelataran Masjid Agung dan 18.00-22.00 di depan SDN 3 Surutanga. Ia mengakui bisa mencatat omzet mulai 1-2 juta perhari.

Hingga saat ini ia terus melakukan inovasi salah satunya desain branding mobil nama jualan Unique Chicken Burger, menambah karakter brand yang dipasarkannya. Seakan menjadi pelaris untuk memanggil pelanggan.(mg3/ald)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top