Bantu Pemkot Display Produk UMKM – FAJAR sulsel
News

Bantu Pemkot Display Produk UMKM

*Kantor Pos Edukasi E-Commerce Untuk Pelaku Usaha

PALOPO— Tahun depan PT Pos Indonesia Palopo berencana memberikan ruang bagi pelaku UMKM di Kota Palopo untuk men-display produknya di Kantor Pos dan Website resmi mereka. Itu dilakukan untuk mengedukasi pelaku UMKM untuk memasarkan produk secara e-commerce selain pemasaran secara konvensional.

Diungkapkan Firman Taufik, Kepala Kantor Pos Palopo, Rabu 30 Desember 2016. “Rencana ini, akan dilakukan tahun depan, saat ini masih tahap penjajakan dengan Pemerintah Kota Palopo terkait tekhnis. kami sudah ketemu tadi (Rabu kemarin. Red),” Ungkap Firman. Dikatakannya bahwa, Pemerintah Kota Palopo melalui diskoperindag merespon baik hal tersebut. “Keuntungannya jelas, Murni bagi UMKM, dari segi bisnis untuk kami hanya pengiriman barang para UMKM jika ada yang pesan,” ujarnya.

Program yang akan digelarnya ini untuk menindaklanjuti arahan presiden Jokowi untuk menjadikan PT Pos sebagai platform E-Commerce. Karna itu menurutnya di palopo dinilai tepat dilakukan bagi pelaku UMKM. Mengingat telah banyak UMKM yang ditelorkan Dinas Koperindag Kota Palopo ” Itu supaya pemasaran oleh pelaku UMKM tidak hanya secara konvensional saja, namun melalui perdagangan elektronik, agar semakin berkembang” ujarnya.

Seperti misalnya produk-produk khususnya Penganan khas Kota Palopo, misalnya, Baga, Baje’,Dll. Itu dinilai bisa menjadi daya tarik luar untuk melakukan pemesanan. Selain yang terpajang di Kantor Pos Itu sendiri. “Penganan tersebut sangat memungkinkan Untuk kita display,” katanya. Apalagi, tambah Firman, website Kantor Pos terkoneksi dengan seluruh Kantor di Indonesia. “Misalnya ada yang senang dengan produk itu, pemesanan bisa dilakukan dan dikirim oleh Kantor Pos sendiri dengan biaya khusus,” jelasnya.

Namun ditegaskan Firman, tidak semua UMKM bisa tercover dalam kerjasama ini. Pasalnya berdasarkan data yang dihimpun, sebanyak 1028 UMKM di Kota Palopo. “Tentunya kami hanya mengambil yang UMKM kuat, yang mampu merepresentasikan Kota Palopo dengan produknya,” Katanya. Secara tekhnis pihaknya akan seleksi, termasuk dari segi omzet pada UMKM tersebut.

Sementara itu Pemerintah Kota Palopo melalui Dinas Koperindag Kota Palopo menyambut baik rencana PT Pos Indonesia ini. Kadis Koperindag, Karno S.Sos melalu Kabid Koperasi dan UMKM, Ashar Bawanan akan mewujudkan niat baik PT Pos Indonesia ini. “Tentunya kami sangat senang, upaya PT Pos menawarkan kerjasama yang jelas menguntungkan pelaku UMKM,” ujarnya.

Ini bentuk edukasi kepada pelaku usaha untuk menyentuh perdagangan elektronik atau akrabnya disebut e-commerce selain memasarkan secara konvensional. “Kami akan rekomendasi beberapa UMKM ini agar lebih mudah mewujudkannya,” Katanya.(ald)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top