Dicuekin Pada Pelaksanaan Nusantara Bersatu Kodim 1411, Pemuda Bulukumba Tinggalkan Lokasi Acara – FAJAR sulsel
News

Dicuekin Pada Pelaksanaan Nusantara Bersatu Kodim 1411, Pemuda Bulukumba Tinggalkan Lokasi Acara

img20161130090904

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Meski pelaksanaan Nusantara Bersatu, yang digelar Kodim 1411 Bulukumba, bersama Pemkab Bulukumba, berjalan dengan baik dan diikuti ribuan peserta. Namun sejumlah organisasi kepemudaan dan mahasiswa yang berhimpun di Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), kecewa atas penyelenggaraan acara tersebut.

Bukan kali ini saja pemuda Bulukumba yang berhimpun disejumlah organisasi pemuda dan mahasiswa merasa kecewa. Sebelumnya juga pemuda Bulukumba, pernah kecewa atas pelaksanaan hari sumpah pemuda beberapa waktu lalu, karena merasa diterlatarkan.

“Pemerintah takut dengan orasi pemuda, buktinya kami tidak diberi ruang untuk menyampaikan orasi kebangsaan. Ada apa ini? Ayo kita pulang saja teman-teman, “sorak, salah satu pengurus KNPI Bulukumba, Hermayanto Dg Malaja, saat acara berlangsung.

Ketua PMII Bulukumba, Muh Amin Lahaseng, menilai Kodim 1411 selaku pemilik acara bekerjasama dengan Pemkab dan sejumlah institusi yang berada di Bulukumba, memandang sebelah mata pemuda Bulukumba, terbukti tidak adanya ruang yang diberikan pada setiap pegelaran kegiatan, khususnya yang berbau kepemudaan.

“Kami ini PMII, HMI, IMM bukan ormas, kita ini organisasi kemahasiswaan, apa salahnya kami juga diberikan panggun orasi kebangsaan, minimal salah satu perwakilan dari kami. Kita ini juga anak bangsa, anak asli Bulukumba, ini bukan kali pertama saja, kita dibuat kecewa, kalau begini kita buat saja panggun jalanan,”tegasnya.
Hal senada juga disampikan, Ketua IMM Bulukumba, Amiruddin, akibat tidak adanya ruang bagi pemuda dan mahasiswa dalam acara tersebut, iapun bersama sejumlah aktivis dan pemuda Bulukumba, lintas organisasi meninggalkan lokasi sebelum acara selesai.

“Kalau begitu kita pulang saja, padahal kita hanya mau kalau tidak bisa semua organisasi pemuda dan mahasiswa, yah minimal ada perwakilan kami lah. Kita di lapangan pemuda katanya, baru pemuda di cuekin, “katanya.

Ketua HMI Bulukumba, Rakhmat Fajar, menjelaskan kekecewaan sejumlah pemuda Bulukumba, yang bernaung di bawah KNPI, bukanlah tanpa dasar, apalagi ini bukanlah kali pertama pemuda Bulukumba, tidak begitu dilibatkan dalam setiap acara, baik acara di Pemkab, Kodim dan institusi lainnya.

“Wajar memang kalau teman-teman kecewa, padahal sejumlah organisasi sudah mempersiapkan juga orasi kebangsaannya. Yah tidak usahlah naik semua kalau tidak memungkinkan, paling tidak ada yang mewakili organisasi kemahasiswaan,”katanya.

RADAR SELATAN

loading...
Click to comment
To Top