Apa Itu Asam Urat dan Bagaimana Mengenali Gejalanya – FAJAR sulsel
Kesehatan

Apa Itu Asam Urat dan Bagaimana Mengenali Gejalanya

IMG_6998

FAJAR HEALTH – Dulu, gout, atau asam urat dijuluki sebagai penyakitnya orang kaya, karena mereka yang terkena gout adalah mereka yang terbiasa mengkonsumsi makanan yang hanya mampu dinikmati mereka dengan dompet tebal.

Beda dulu beda sekarang, asam urat seolah tidak pandang bulu. Menurut data American College of Rheumatology, di Amerika Serikat sendiri, setidaknya terdapat 3 juta orang dengan penyakit ini.

Sayangnya, penyakit ini seringkali tidak dikenali oleh penderitanya, karenanya mereka tidak mengerti apa yang sedang terjadi dan apa yang harus diperbuat.

“Penyakit ini adalah penyakit yang kompleks yang menyebabkan inflamasi pada persendian,” kata spesialis arthritis Ira H. Kirschenbaum, MD, dari New York seperti dilansir Prevention (6/12/2016).

Asam urat, kata Dr. Kirschenbaum, terjadi ketika terjadi penumpukan asam urat dan membentuk kristal pada sendi, tendon dan tulang. Hasilnya, rasa sakit ekstrim, seringkali terjadi pada ibu jari kaki.

Pada tubuh yang sehat, asam urat yang diproduksi tubuh dapat dibuang melalui saluran urine dengan bantuan ginjal. Namun ketika kadarnya terlalu tinggi, ginjal kerap dibuat kewalahan.

Mengkonsumsi shellfish, daging merah, alkohol dan makanan serta minuman dengan kadar fruktosa tinggi dapat menyebabkan peningkatan asam urat, selain berbadan gemuk, akibat obat-obatan tertentu seperti aspirin berdosis rendah, diuretik dan beberapa jenis obat lainnya.

Untuk mengenali asam urat sendiri sebenarnya sangatlah mudah, karena gejalanya yang khas. Penderita asam urat biasanya mengalami rasa sakit yang intents, kemerahan dan pembengkakan pada sendinya. Kendati demikian, tidak semua ciri-ciri di atas adalah gejala dari gout, karenanya periksakan diri anda pada dokter untuk mendapatkan kepastian.

Jika yang anda alami adalah gout, maka langkah yang biasa diambil oleh dokter adalah dengan mengeluarkan cairan dari persendian yang meradang dan kemudian menganalisanya.

Oleh dokter, penderita akan diberikan resep anti radang untuk meredakan kondisi ini dan untuk ke depannya, anda diwajibkan untuk merubah pola makan anda untuk menghindari serangan berikutnya kembali terjadi.(Fajar)Apa

Original Article

loading...
Click to comment
To Top