Berkas Kasus LPJ Fiktif KPU Belum P21 – FAJAR sulsel
News

Berkas Kasus LPJ Fiktif KPU Belum P21

*Penyidik Tunggu Jawaban dari Kejaksaan

MALILI–Penyidik kepolisian Resor (Polres) Luwu Timur (Lutim) saat ini masih menunggu hasil pemeriksaan berkas yang dilakukan oleh pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Lutim. Pasalnya, berkas perkara kasus dugaan korupsi Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Fiktif KPU Lutim, jauh hari sebelumnya sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Malili.

Kasat Reskrim Polres Lutim, AKP Akbar A Malloroang, mengatakan, berkas perkara dugaan LPJ Fiktif KPU telah dilimpahan ke Kejaksaan.

Pihaknya, kata Akbar, masih menunggu hasil pemeriksaan berkas yang dilakukan oleh Kejaksaan. Menurutnya, pelimpahan berkas itu dilakukan karena pihak penyidik telah menganggap sudah cukup bukti. “Insya Allah Minggu depan sudah bisa di P21-kan,”ungkapnya, kepada Palopo Pos, Kamis, 8 Desember 2016.

Sebelumnya, penyidik kepolisian Mapolres Lutim telah menetapkan tiga orang tersangka atas kasus tersebut yakni, Sekertaris KPU Lutim, Abbas, PPK, Marianto dan bendahara KPU, Hanang dengan kerugian negara senilai Rp651 juta.

Kasus tersebut dilaporkan terkait dugaan LPJ fiktif tahun 2014 lalu seperti, kegiatan Bimbingan Teknis (bimtek), sewa gedung, makan minum. Selain itu juga terbukti melakukan pemotongan dana PPK di 11 kecamatan.

Dalam kasus ini, tersangka dijerat Pasal 2 Subsider pasal 3 undang – undang nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas uu no 31 tahun 1999 tentang Tipikor Juncto pasal 55 ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama 20 tahun penjara.(krm/ded)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top