Studi: Mengasuh Cucu Itu Bikin Sehat! – FAJAR sulsel
Kesehatan

Studi: Mengasuh Cucu Itu Bikin Sehat!

IMG_7044-e1481192195535

FAJAR HEALTH – Menurut sebuah penelitian, hubungan antara kakek-nenek dengan cucunya dapat memberikan dampak positif terhadap kesehatan, dalam hal ini fungsi otak.

Studi yang dilakukan oleh North American Menopause Society itu menunjukan bahwa mereka yang berada pada usia pertengahan dan lanjut usia yang terbiasa merawat cucunya, dapat mencegah penurunan kemampuan kognitif dan penyakit kronis seperti Alzheimer dan demensia.

Dari 186 partisipan wanita usia 57-68 asal Australia yang melewati beberapa tes mental, ditemukan bahwa 120 di antaranya mengaku menghabiskan waktu setidaknya satu hari dalam seminggu untuk mengasuh cucu mereka.

Aktifitas yang menguras tenaga dan pikiran inilah yang kemudian dianggap memberikan efek positif terhadap kesehatan mental mereka.

Hal ini karena figur anak yang merepresentasikan sumber kepuasan bagi kakek-nenek, mengingat bahwa mereka tidak dibuat stres yang dipicu oleh aktivitas mengasuh.

Dan yang perlu dilakukan kakek dan nenek untuk mendapatkan manfaat ini adalah dengan bersenang-senang dan mengisi hari cucu-cucu mereka dengan sukacita.

Namun perlu menjadi catatan adalah intensitas aktifitas ini tidak boleh dilakukan secara berlebihan, karena dampak yang disebabkan justru akan sebaliknya.

Hasil studi ini juga menyebutkan bahwa mereka (para nenek) yang mengasuh cucunya 5 hari dalam seminggu, atau lebih, memiliki kesulitan menjalani tes yang dilakukan oleh para peneliti. Penyebabnya sudah jelas, adalah karena fisik yang lelah.(Fajar)

Original Article

loading...
Click to comment
To Top