Wajah Lama Mendominasi – FAJAR sulsel
News

Wajah Lama Mendominasi

img_20161207_165436

Hasil Sementara Pilkades Serentak di 141 Desa

WATAMPONE, RB—Mantan-mantan kades masih membuktikan kekuatannya. Di beberapa kecamatan mereka mendominasi perolehan suara. Meski begitu beberapa pendatang baru muncul menjadi pemenang. Berdasarkan data yang dihimpun RADAR BONE menunjukkan hasil perolehan suara sementara menunjukkan mantan kepala desa, termasuk yang sudah sempat jeda dan maju kembali, mampu mendulang perolehan suara signifikan. Mengungguli calon lainnya.

Di Awangpone misalnya, dari delapan desa yang menyelenggarakan pilkades, enam diantaranya adalah incumbant yang unggul dalam perolehan suara. Dua diantaranya, yakni Desa Awo Lagading dan Bulumpare diisi wajah baru. “Kalau hasil perolehan sementara tadi, incumbant masih unggul. Alhamdulillah, pelaksanaan pilkades di Awangpone berjalan aman dan sukses,” tutur Drs H Zainal Abidin MSi, Camat Awangpone kepada RADAR BONE, Rabu 7 Desember kemarin.

Keunggulan incumbant juga terjadi di Kecamatan Bengo. Dari empat desa yang melaksanakan pilkades, tiga diantaranya dimenangkan incumbant, yakni Desa Mattirowalie, Mattaropuli dan Walimpong.

Kekuatan Incumbant juga menguat di Kecamatan Ponre. Dari delapan desa yang menghelat pilkades serentak di gelombang kedua tahun 2016. Perolehan suara semuanya dipimpin mantan kades.

Di Kecamatan Mare, para incumbant juga masih unggul. Dari tujuh desa yang melaksanakan pemilihan, empat diantaranya perolehan suara dipimpin mantan kades.

Para mantan di Kecamatan Libureng juga masih berkibar. Dari sembilan desa yang menggelar pilkades, enam diantaranya memimpin perolehan suara. Hal serupa terjadi di Bontocani. “Dua desa di sini, yakni Bulu Sirua dan Ere Cinnong yang memimpin suara adalah mantan,” kata AKP Haris Mohammad, Kapolsek Bontocani.

Meski begitu, pendatang baru tidak bisa dianggap remeh. Di beberapa kecamatan wajah-wajah baru nyaris mendominasi. Di Kecamatan Kahu misalnya, dari enam desa yang menghelat pilkades, tiga diantaranya dimenangkan wajah baru, yakni Desa Carima, Lallepo dan Cammilo. Di Kahu juga ada mantan kades lama yang kembali berjaya, yakni Juardi di Desa Biru. “Ada tiga wajah baru yang unggul di sini,” ucap A Ilham, Camat Kahu.

Perhelatan pilkades serentak jilid II ini tak hanya diikuti para mantan kades satu hingga dua periode. Mantan legislator juga ikut bertarung. Sebut saja mi-salya di Kecamatan Tonra, Ulaweng dan Tellu Limpoe. Hanya saja, data yang diperoleh hingga malam tadi, mantan anggota DPRD Bone H Arif Rachman unggul dalam perolehan suara di Desa Bulubulu.

Ketua Tim Koordinasi Pilkades Kabupaten Bone, Drs AM Yamin Tahir MSi mengatakan pelaksanaan pilkades serentak jilid II berjalan lancar dan sukses. Yamin mengakui adanya wajah-wajah lama yang kembali terpilih menjadi kades. “Mantan di sini. Ada yang baru satu periode terpilih kembali. Tapi ada pula yang sempat jeda, baru terpilih lagi,” ungkapnya saat ditemui di desk pilkades Pemkab Bone usai melakukan pemantauan bersama Wakil Bupati.

RADAR BONE

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top