Belum Lengkapi Dokumen Pelayaran, Kapal KM Lestari Maju Dilarang Muat Penumpang – FAJAR sulsel
News

Belum Lengkapi Dokumen Pelayaran, Kapal KM Lestari Maju Dilarang Muat Penumpang

SyabandarSelayat-Hasfar

syabandarselayat-hasfar

BULUKUMBA,RADAR SELATAN. CO. ID — Syabandar Kepulauan Selayar meminta kapal KM Lestari Maju untuk segera melengkapi dokumen kapan penumpang dan beberapa kelenkapan lainya sebelum mengoperasikan kapal tersebut sebagai alat pengakut penumpang dari pelabuhan Pamatata Selalar.

“Saya menberikan kesempatan kepada kapal KM Lestari Maju sampai dengan tanggal 19 Desember untuk segera melengkapi dokumen tersebut, kalau sampai batas itu tidak dilakukan maka kapal tersebut kami tolak untuk berlayar memuat penumpang” kata Kepala Syabandar Selayar Hasfar kemarin.

Menurut mantan Syabandar Bulukumba ini kalau kapal KM Lestari Maju adalah bukan kapan pengangkut penumpang, ini didasarkan atas pemeriksaan Inpector Kantor UPP kelas III Selayar menemukan kalau kapal tersebut hanya bisa diperuntukan untuk kapal barang bukan untuk kapal penumpang, Namun karena kebutuhan akhirnya pemerintah kabupaten dalam hal ini Bupati menberikan rekomendasi untuk kapal KM Lestari Maju untuk memuat penumpang.

“Kapal tersebut kita telah periksa dan memang bukan untuk penumpang, namun faktoir desakan kebutuhan akhirnya Bupati berikan rekomendasi, namun saya minta agar dokumen untuk kapal penumpang di lengkapi KM Lestari Maju” katanya.

Hasfar mengatakan kalau kapal penumpang harus memiliki sertifikat keselamatan yang di maksud adalah Sertifikat keselamatan kapal penumpang ini yang tidak dimiliki oleh KM Lestari Jaya dan ini sudah di atur dalam undang-undang nomor 17 tahun 2008 tentang pelayarang dimana pada pasal 126 ayat 1 sudah jelas kalau kapal yang dinyatakan memenuhi persyaratan kapal diberikan sertifikat keselamatan oleh menteri bagaiman dimaksud salah satunya adalah sertifikat keselamatan kapal penumpang.

“Ini sudah diatur dalam undang-undang pelayaran, jadi saya sebagai kepala Syabandar Selayar telah meminta agar itu di lengkapi oleh yang bersangkutan sampai batas waktu yang telah di tentukan” ujarnya.

Bukan hanya itu adapun persyaratan yang harus di jalankan KM Lestari Maju untuk memuat penumpan seperti yang diatur dalam peraturan pemerintah (PP) 51 tahun 2008 tentang perkapalan antara lainya ruang penumpang harus di pisahkan dengan sekat dari kamar awak kapal, ruang penumpang harus dilengkapi persyaratan tingkat tingkat kebisingan, ruang penumpang harus di lengkapi ruang sentilasi dan penerangan, ruang penumpang harus amandari hujan,angin dan panas dan beberapa persayaratan lainya telah jelas dalam PP tersebut.

Lanjut Muhammad Hasfar dari hasil pemeriksaan pihaknya terhadap KM Lestari Maju sudah jelas kalau kapal tersebut adalah bukan kapal penumpang namun kapal barang, kapal tersebut tidak layak untuk di gunakan sebagai kapal penumpang sesuai dengan undang-undang nomor 17 tahun 2008 tentang pelayaran, tidak sepenuhnya miliki alat-alat keselatamatan penumpang” katanya

RADAR SELATAN

loading...
Click to comment
To Top