Agus Siap-siap Kecewa – FAJAR sulsel
News

Agus Siap-siap Kecewa

Nurdin Halid Bakal Kendarai Golkar di Pilgub

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang siap-siap kecewa. Bagaimana tidak, Ketua Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Sulsel, Pendiri Partai Golkar, ini kemungkinan besar tidak mendapatkan rekomendasi Partai Golkar untuk bertarung di Pilgub Sulsel 2018.

Agus Arifin Nu’mang dipastikan kalah bersaing dari Nurdin Halid. Selain menjabat Pelaksana tugas Partai Golkar Sulsel, Nurdin Halid adalah Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar. Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (IPI), Suwadi Idris Amir menyatakan, jika Nurdin Halid maju, maka tentunya peluang Agus Arifin Nu’mang mengendarai Golkar sangat mustahil.

Pasalnya, kata dia, Golkar bisa dipastikan akan mendahulukan Nurdin Halid. “Golkar sudah bisa dipastikan akan mendahulukan kader terbaiknya, Nurdin Halid. Parpol pasti merujuk pada figur kuat untuk diusung berdasarkan hasil survei,” sebut Suwadi, kemarin.

Nurdin Halid sendiri mulai terbuka menyampaikan niatnya bertarung di Pilgub Sulsel di Musyawarah Daerah (Musda) DPD II Partai Golkar Kabupaten Wajo, Minggu (11/12) lalu. Hal itu diawali sambutan Ketua Golkar Kabupaten Wajo Andi Burhanuddin Unru.

Burhanuddin Unru mendeklarasikan Nurdin Halid sebagai kandidat yang akan didukung dalam kontestasi politik Sulsel dua tahun mendatang. “Pak Nurdin, izin. Hari ini, saya atas nama masyarakat Wajo, mendaulat Pak Nurdin sebagai calon Gubernur Sulsel pada 2018. Mohon kiranya amanah dari kami ini diterima dengan ikhlas,” kata Burhanuddin Unru.

Rekomendasi yang disampaikan Burhanuddin Unru itu diikuti 14 pimpinan kecamatan (pincam) se-Kabupaten Wajo. Mereka berbaris di lapangan Merdeka, Sengkang untuk mendeklarasikan dan mendukung Nurdin Halid maju sebagai calon Gubernur Sulsel. Permintaan seluruh Pincam se Kabupaten Wajo itu juga dituangkan secara tertulis dan diserahkan kepada Nurdin Halid yang langsung menyerahkan rekomendasi tersebut kepada Ketua Umum DPP Partai Golkar, Setya Novanto.

“Saya sudah berkali-kali diam seribu bahasa. Tapi hari ini, mereka yang ada di tempat ini memberikan dukungan. Saya ingin katakan, sampai ketemu di Pilgub Sulsel 2018.” Kata Nurdin Halid yang disambut riuh massa dan simpatisan Partai Beringin. Dukungan dari Golkar Wajo ini melengkapi lima dukungan Ketua DPD II sebelumnya. Yaitu Ketua DPD DPD Golkar Pangkep Syamsuddin Hamid, Ketua DPD Golkar Kabupaten Bone Andi Fahsar Padjalangi, Ketua DPD Golkar Soppeng Kaswadi Razak, Ketua DPD Golkar Jeneponto Iksan Iskandar, dan Ketua DPD Golkar Parepare Taufan Pawe.

Keenamnya saat ini masih berstatus kepala daerah. Sebelumnya, Wakil Bendahara Partai Golkar Sulsel, Rusdin Abdullah menjelaskan bahwa untuk memenangi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 2018, maka Partai Golkar harus menguningkan 14 kepala daerah. “Targetnya seperti itu. Minimal 14 kepala daerah harus bergabung di Golkar,” terang Rusdin di sela-sela Musyawarah Daerah (Musda) Partai Golkar Kabupaten Jeneponto.

Diketahui, Agus Arifin Nu’mang sudah melakukan pertemuan dengan beberapa ketua partai politik di Sulsel. Seperti Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulsel Ridwan Andi Wittiri dan Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulsel Azhar Arsyad. Pertemuan ketiganya dilakukan di Plaza Indonesia, Jakarta pada Juni lalu. Kemudian, Agus menemui Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sulawesi Selatan, Muhammad Aras di Warkop Sija, Jalan Boulevard. (zah/mah)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top