Forum Kakao Gelar Seminar Nasional – FAJAR sulsel
News

Forum Kakao Gelar Seminar Nasional

KOLAKA, UPEKS.co.id — Forum Kakao Nasional (Forkan) Sultra akan menggelar seminar nasional kakao pada pertengahan Desember 2016 mendatang.

Hal itu diungkapkan Ketua Forum Kakao Sultra H Darwis juga Kepala Bidang Produksi Dinas Perkebunan (Disbun) Kolaka ditemui Upeks kemarin di kampung Kakao Lalombaa Kecamatan Kolaka.

Dikatakannya seminar nasional kakao ini bertindak selaku narasumber(narsum) dari Dirjen Perkebunan Pusat, dan Bupati Kolaka H Ahmad Safei, Bupati Kolaka Utara H Rusda Mahmud dan Bupati Kolaka Timur H Tony Herbiansyah.

“Seminar ini rencanya kita akan gelar pada 19 Desember 2016 mendatang dan Kolaka bertindak selaku tuan rumah,” ungkap Darwis.

Selanjutnya kata Darwis, seminar nasional kakao akan diikuti oleh petani kakao sekira tiga ratusan petani dari tiga kabupaten.

Menurut Darwis tujuan dilaksanakannya seminar nasional kakao ini dipusatkan di Kolaka mengingat semakin menurunnya produksi kakao. Hal itu disebabkan menurunnya aktifitas petani untuk mengolah lahan kebunnya.

Selain itu adanya alih fungsi perkebunan kakao dijadikan sebagai persawahan, kebun cengkeh dan pemukiman.

Target yang akan dicapai forum dalam seminar nasional ini adalah bagaimna meningkat kuantitas dan kualitas kakao petani sehingga nilai jual dipasaran bisa lebih bersaing.

Selain itu seminar nasional ini dengan meningkatkan mutu kakao petani, juga bagaimana memutuskan rantai tengkulak sangat merugikan petani, dan diharapkan petani bisa langsung berhubungan dengan eksportir tentunya difaslitasi oleh pemerintah.

“Kita berharap seminar bisa memberikan semangat baru bagi petani kakao untuk kembali secara serius merawat kebin kakaonya sehingga bisa berproduksi dengan baik,”ungkapnya.(pil)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top