Perlengkapan Tahun Baru Paling Laku – FAJAR sulsel
News

Perlengkapan Tahun Baru Paling Laku

Harbolnas

Respon Harbolnas di Suslel

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) dimulai Selasa (21/12) kemarin banyak dimanfaatkan masyarakat Sulsel. Melalui program tersebut, pembeli mendapatkan harga diskon mulai 30% hingga 70%.

Seperti halnya Lazada memberi potongan harga hingga 70%, begitupula Zalora 60% serta bukalapak dengan program “Sakit Jiwa”. Sejumlah konsumen mengaku memanfaatkan diskon besar-besaran memburu produk kebutuhan rumah seperti elektronik untuk keperluan tahun baru 2017. Seperti jam tangan, serta pakaian.

Salah seorang pembeli asal Makassar, Nurhasma mengakui, dirinya memanfaatkan secara baik Harbolnas ini. Pasalnya, masing-masing perusahaan berlomba-lomba menyajikan program teranyar seperti diskon hingga 70%. Baju yang dibeli seharga Rp200 ribu dipersiapkan pergantian tahun baru 2017.

Wanita yang sudah lama memanfaatkan jasa e-commerce ini mengatakan, banyak keuntungan yang diperoleh diantaranya mendapatkan harga relatif murah. “Saya sudah lama menunggu program ini. Dominan yang saya pesan perlengkapan tahun baru 2017,” tandasnya.

Ditanya mengenai jenis produk yang dipesan, dia menyebutkan, ada beberapa jenis produk seperti pakaian, sepatu dan peralatan kebutuhan sehari-hari. “Saya perkirakan transaksi mencapai Rp2 juta,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Bukalapak Makassar, Hambali mengatakan, program Harbolnas selain pembeli dimanjakan dengan banyak produk diskon, masyarakat juga bisa melakukan nego atas produk yang dijajakan.

“Jadi untuk mengikuti program Harbolnas ini, bagi pelapak cukup mengajukan diskon produk untuk semua produk melalui melalui website resmi bukalapak, Nah, sedangkan para pembeli cukup membeli barang-barang para pelapak yang sedang mengikuti program Harbolnas, dan bisa melakukan nego barang secara langsung,” ujarnya saat dimintai keterangan Minggu (12/12/16).

Dia menyebutkan, banyak produk yang dipesan. Namun, paling dominan atau banyak diminati konsumen secara umum adalah persiapan menghadapi tahun baru 2017. Banyak konsumen memesan produk-produk seperti baju sebagai persiapan pergantian tahun baru.

Kata Hambali, Harbolnas seluruh marketplace juga mengadakan program yang sama. Tinggal mereka bersaing lewat konsep marketing.Berdasarkan surat edaran CEO Bukalapak, Achmad Zaky, bahwa konsep yang diusung Bukalapak berdasarkan apa yang diusulkan rakyat.

Zaky sendiri melalui surat edarannya menuturkan bahwa melalui konsep tersebut pedagang tak akan rugi. Disinilah para pelapak mencairkan produk-produknya yang sudah lama tidak berputar. Program Harbolnas ini adalah kesempatan yang sangat baik menjaring pelanggan yang setia, apalagi program ini hanya sekali setahun.

Sementara itu, pengamat pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Hasanudin (Unhas), Dr Muh Nur Baumassepe mengatakan, hari belanja online ini merupakan suatu kegiatan promosi kepada pelaku usaha online untuk meningkatkan transaksi belanja on line bagi masyarakat disepakati 12-14 Desember 2016.

Hal ini bertujuan agar memberi stimulus kepada masyarakat untuk melakukan belanja online dan tentu hal ini positif.
Hal yang perlu sebenarnya harus dilakukan oleh pelaku e-commerce adalah kesempatan mendapatkan pelanggan yang lebih banyak dan membangun kepercayaan.

Dengan Harbolnas ini tentu animo masyarakat belanja online menjadi meningkat, untuk itu mereka harus kita tangkap. “Tetapi setelah itu tugas utama adalah membangun relationship dan menjaga trust atau kepercayaan konsumen terhadap usaha e-commerce kita itu yang jauh lebih penting agar mereka mau terus menerus belanja dan mereferensikan usaha kita kepada lingkaran mereka seperit saudara, teman dan komunitasnya,” ujarnya.

HarBolNas merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh berbagai e-commerce di Indonesia dengan dukungan dari berbagai mitra kerja sama, seperti pelaku industri telekomunikasi, perbankan, logisitik hingga media. Diselenggarakan pertama kali pada tahun 2012 dengan tujuh e-commerce (LAZADA, ZALORA, BerryBenka, PinkEmma, Bilna, Traveloka, dan Luxola) partisipan awal, Harbolnas menjadi kampanye cyber sale terbesar di Indonesia.

Pada perayaan keduanya tahun 2013, Harbolnas melibatkan 22 e-commerce, berlanjut pada tahun 2014 dengan 78 e-commerce yang ikut serta berpartisipasi, dan bertambahnya partisipasi sebanyak 140 e-commerce di tahun 2015 dengan menawarkan diskon besar-besaran, dan tahun 2016 sebanyak 200 ikut peserta. (mg3-mg5/rif)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top