Petani, Penabung Terbesar BRI – FAJAR sulsel
News

Petani, Penabung Terbesar BRI

13.12-foto-enrekang-bupati

ENREKANG,UPEKS.co.id — Bupati H. Muslimin Bando saat membuka FGD yang digelar Bank Indonesia (BI) sebagai mitra Pemkab Enrekang dalam membina petani bawang merah mengungkapkan, penabung terbesar per Januari hingga Desember 2016 dari kalangan petani.

Itu pertanda, tingkat kesejahteraan poetani makin menggembirakan. Salah satu program yang digalakkan pemda saat ini, memang berupaya meningkatkan SDM para petani. Targetnya, agar mampu hidup mandiri dan sejahtera sesuyai Visi Misi MBA yang ingin mengantar Masyarakat Enrekang menuju Gerakan Membangun Enrekang Maju, Aman dan Sejahtera (Gerbang Emas), kata Muslimin Bando.

Irwan, Asisten Manager BRI Cabang Enrekang yang menyampaikan pada Muslimin Bando, kini uang petani di BRI Cabang Enrekang berkisar Rp50 M. Ketua Assosiasi Petani Bawang Enrekang Djajadi Silamma mengatakan, saat ini panen bawang terbesar dan terbanyak di Kecamatan Anggeraja, Enrekang. ”Enda, salah seorang petani di Cakke, Kecamatan Angeraja, tahun ini behasil meraup keuntungan puluhan juta rupiah dari hasil panen bawang merah,” tandasnya.

Sebagai ketua Assosiasi Bawang merah yang membawahi sekitar 10.000 petani bawang dengan luas lahan antara 5000 – 6000 hektar, Djajadi optimis tahun depan, tabungan petani di BRI Cabang Enrekang akan mencapai Rp100 M. “Saya yakin tahun depan tabungan para petani di BRI akan mencapai Rp100 M. Bayangkan saja jika mereka tanam 12 ton bibit maka mereka akan panen 120 ton dengan harga 2900 sampai 3200 ribu/kg” Ungkap Djajadi. (sry/arf).

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top