ACC Desak Kejati Usut Lahan Pasar Mandai – FAJAR sulsel
News

ACC Desak Kejati Usut Lahan Pasar Mandai

Anti Corruption Committe (ACC) Sulawesi, meminta pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel untuk segera menindaklanjuti dan menurunkan tim untuk mengusut untuk dugaan penyimpangan dan gratifikasi pembebasan lahan pasar Mandai, Kelurahan Pai, Kecamatan Biringkanaya senilai Rp7,4 miliar.

Dimana diketahui pembebasan lahan tersebut, rencananya akan diperuntukkan untuk merelokasi pasar Mandai ke lokasi yang baru. Lokasi baru untuk relokasi pasar Mandai, tersebut diduga ada kongkalikong antara pemilik lahan dengan tim pembebasan lahan.
Lokasi pasar mandai yang telah dibebaskan beberapa waktu lalu terkesan dipaksakan dan diduga kuat ada permainan antara pemilik lahan dan oknum Pemkot Makassar.

Bagaimana tidak, pada kegiatan tersebut (Proses pembebasan lahan) tidak dilakukan perbandingan lokasi. “Harusnya kan ada perbandingan dan pertimbangan sebelum lahannya dibebaskan. Apalagi ada lahan yang sama luasnya, ” ujar Wakil Direktur ACC Sulawesi, Kadir Wokanubun, Selasa (13/12/16).

Lokasi pasar Mandai yang telah dibebaskan itu, justru lebih mahal dan hanya memiliki dasar rincik, harga lahan (Ganti rugi) Rp1,2 juta per meter. Sementara lokasi yang satunya telah bersertifikat, dan harganya jauh lebih rendah, hanya Rp750 ribu per meter.
“Kejati harus segera menindaklanjuti kasus ini, apalagi ini menyangkut uang negara.

Inikan tentunya akan menimbulkan tanda tanya di masyarakat. Apa alasan Pemkot lebih memilih lahan yang lebih mahal, ketimbang lahan yang lebih murah harganya dan telah bersertifikat,” cetusnya. (jay/ris)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top