Bank Sulselbar Salurkan Kredit Rp11,4 Triliun – FAJAR sulsel
News

Bank Sulselbar Salurkan Kredit Rp11,4 Triliun

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Bank Pembangunan Daerah (BPD) atau Bank Sulselbar telah menyalurkan kredit Rp11,4 triliun sepanjang 2016. Hanya saja, capaian itu diperkirakan menurun Rp100 miliar bulan ini.

“Desember biasanya ada pelunasan kredit konstruksi. Jadi, Rp11,4 triliun itu pasti mengarah ke Rp11,3 triliun sesuai target kita,” ungkap Rosmala Arifin, Direktur Pemasaran Bank Sulselbar, dalam Rakernas Dewan Komisaris/Pengawas BPD se-Indonesia, akhir pekan lalu.

Pihaknya menyalurkan kredit konstruksi plafon Rp1 miliar tanpa jaminan fisik. “Kita kerjasamakan ini dengan lembaga penjaminan,” ujarnya.

Selain itu, Bank Sulselbar juga menyalurkan kredit kemitraan dan kredit usaha rakyat (KUR). UKM plafon Rp20 juta dapat meminjam kredit tanpa jaminan. “Memang kendala dari pelaku UKM adalah kesulitan menyiapkan jaminan fisik. Itu yang kita sikapi,” ungkapnya.

Sedikitnya, 18,2 persen dari tital kredit disalurkan kepada UKM. “Dilihat secara debitur, jumlahnya sudah 1.000 lebih. Kita biayai yang betul-betul kecil,” sambungnya.

Rosmala mengungkapkan, pihaknya baru tahun ini menyalurkan KUR. Jumlahnya, Rp100milar. Namun, dia belum mengetahui pasti berapa realisasinya.

Tahun depan, penyaluran kredit lebih ditingkatkan lagi. Targetnya naik 15 persen dari tahun ini. Tahun lalu, realisasi penyaluran kredit Bank Sulselbar mencapai Rp9,8 triliun.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengimbau, BPD lebih bisa melihat peluang yang ada. “Konsentrasikan diri juga ke sektor pertanian. Supaya kehadiran BPD dapat dirasakan secara masif,” kata dia. (met)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top