Dua Desa Tergenang – FAJAR sulsel
News

Dua Desa Tergenang

LUTIM,UPEKS.co.id — Hujan deras dua jam yang mengguyur kecamatan Towuti, mengakibatkan ratusan rumah di desa Baruga dan Langkea Raya tergenang, Senin (12/12), tandas, Abu Syatih, warga Towuti. Pembukaan lahan perkebunan lada (merica) yang tak terkendali di Kecamatan Towuti dan sekitarnya, disinyalir salah satu pemicu musibah banjir yang melanda Towuti.

Banjir terparah terjadi di Jl Veteran dan Ahmad Yani, Desa Baruga. “Sudah beberapa kali kami mengingatkan agar pemerintah dan instansi terkait untuk menata ulang pembukaan perkebunan merica warga, yang dikelola secara serampangan tanpa peduli dampak lingkungan,” kata Abu. Kawasan hutan dan perbukitan di daerah Wawondula dan sejumlah desa lainnya kini banyak yang gundul karena dibabat habis untuk pembukaan perkebunan merica.

Jika tak dihentikan akan membuat bencana banjir yang lebih besar lagi,” ujar Faradiba, warga Towuti lainnya. Camat Towuti, Alimuddin Nasir mengatakan, banjir didaerahnya akibat sempitnya saluran air (drainase) dalam kota Wawondula. Untuk itu, gorong-gorong perlu diperlebar. Personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Timur terlihat menyemprotkan air bersih di pemukiman warga yang rumahnya dilanda banjir bercampur lumpur. (aco/arf).

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top