Dukung Budaya Literasi,  Ini Rekomendasi DPD II  KNPI Bulukumba Untuk Pemkab – FAJAR sulsel
News

Dukung Budaya Literasi,  Ini Rekomendasi DPD II  KNPI Bulukumba Untuk Pemkab

img_20161213_191123

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Sekitar 50 Kepala desa se Kabuapaten Bulukumba, mengikuti acara Bulukumba Reading Day, yang dilaksanakan di aula Badang Pemberdayaan Masyrakat Desa (BPMD) , selasa 13 Desember.

Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto, mengaku mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh DPD II KNPI. Menurutnya kegiatan Bulukumba Reading Day, yang mengusung tema ‘Implementasi Gerakan Literasi Menuju Bulukumba Gemar Membaca” sejalan dengan visi misi Bulukumba. Apalagi Bulukumba sendiri mendeklarasikan diri sebagai kabupaten literasi.

“Jangan soal proyek fisik saja, tapi anggaran desa yang ada harus juga dialokasikan pembangunan SDM, salah satunya dengan pembentukan perpusatakaan desa, karena pembangunan nasional akan tergantung pembangunan di desa, “ujar Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto dalam sambutannya.

Ketua DPD II KNPI, Idil Akbar melalui Ketua Komisi Otonomi Daerah DPD II KNPI Bulukumba , Andi Supriadi mengatakan kegiatan tersebut bertujuan menghidupkan budaya literasi yang ada di Bulukumba. Dalam kegiatan itu juga KNPI mendorong agar adanya perpustakaan disetiap desa.

“Kan ada ADD dan BDD, sehingga kami rekomendasikan pemerintah desa mengalokasikan itu. Jangan hanya membangun fisik saja tapi harus sejalan dengan pembangunan pemberdayaan masyrakat desa. “ujarnya.

Menurutnya, predikat Bulukumba yang mendapatkan piagam penghargaan penuntasan buta aksara harus sejalan dengan program literasi. “Harusnya di ruang publik disediakan buku-buku. Khususnya desa bisa mengalokasikan sekian puluh juta, tidak perlu membebani APBD, “pungkasnya.

Jurnalis Radar Selatan, Rakhmat Fajar, mengatakan komitmen Radar Selatan, dalam membangun kemitraan dengan pemkab selama ini terus dibangun khususnya dalam membudayakan literasi.

“salah satunya bisa dilihat dengan kegiatan jambore jurnalistik yang menjadi agenda tahunan Radar, kegiatan ini bertujuan membudayakan literasi dan melahirkan bibit-bibit penulis,”ujarnya saat menjadi pembicara dalam Bulukumba Reading Day

Fajar melanjutkan, komitmen Radar Selatan dalam mengedukasi pembaca terus dilakukan dengan menyediakan sejumlah rubrik atau ruang salah satunya rubrik jendela desa.

“Jadi buat Bapak dan ibu Kades yang ada kegiatannya silahkan dipublis, kita kasi ruang. Karena biarpun anda membangun tapi kalau tidak di publis dimedia maka bisa saja pihak lain berasumsi lain, yang jelas Radar akan bersinergi selama kebaikan Bulukumba, “pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kepala Badang Pemberdayaan Masyarakat Desa, Andi Kurniady, dan Kadis Keuangan Andi Mappewali, dan sejumlah pengurus DPD II Bulukumba.

RADAR SELATAN

loading...
Click to comment
To Top