Maksimalkan Pemain Tengah – FAJAR sulsel
News

Maksimalkan Pemain Tengah

Indonesia Vs Thailand

Meski Thailand lebih diunggulkan jelang partai puncak Piala AFF 2016, namun dukungan publik tuan rumah serta militansi dari para pemain dapat menjadi pembeda bagi Timnas Indonesia di leg pertama, Rabu (14/12).

Jika ingin menang Indonesia mesti memaksimalkan pemain tengah diantaranya, Andik Vermansah. Kemampuan yang dimiliki Andik tak perlu diragukan lagi mendobrak pertahanan Thailand.

Apalagi tim Merah Putih hampir dipastikan mendapat dukungan 30 ribu penonton. Melawan Thailand, penting bagi Tim Merah-Putih untuk fokus sejak awal laga. Belajar dari pertemuan pertama di babak fase grup, kala itu Timnas Indonesia kurang konsentrasi di awal pertandingan yang membuat Peerapat Notchaiya mencetak gol di menit ke-4.

Tetap konsentrasi dan menjaga gawang agar tidak kebobolan penting bagi Tim Merah-Putih dimana kemenangan yang diraih dengan clean sheet akan sedikit meringankan langkah jelang leg kedua yang akan dihelat di Bangkok.

Thailand memang superior sepanjang Piala AFF 2016 dengan selalu meraih kemenangan di lima pertandingan yang telah dijalani. Empat pertandingan pun dilewati dengan catatan tidak kebobolan. Namun perlu diingat, Timnas Indonesia menjadi satu-satunya tim yang berhasil membobol gawang tim asuhan Kiatisuk Senamuang bahkan sampai dua kali.

Belajar dari pertemuan kedua tim di babak fase grup, Riedl kemungkinan besar akan kembali menerapkan formasi 4-2-3-1 alih-alih 4-4-2 yang menjadi kegemarannya. Ketika Timnas Indonesia takluk 2-4, duet Bayu Pradana dan Stefano Lilipaly kerap kali keteteran dan ini membuat pemain Thailand dengan leluasa melakukan penetrasi dari tengah ke dalam kotak penalti.

Hal ini akan coba diperbaiki oleh Riedl. Dengan memasang dua gelandang bertahan yakni Manahati Lestusen dan Bayu Pradana diharapkan penetrasi-penetrasi dari Chanatip Songkrasin berhasil dipatahkan.

Sementara itu Kiatisuk akan kembali menerapkan formasi 3-4-1-2 yang menjadi andalannya. Sarawut Masuk yang sejauh ini sudah menyumbangkan tiga gol di Piala AFF 2016 kemungkinan akan kembali dipilih ketimbang Siroch Chattong untuk menemani Teerasil Dangda di depan.

Menghadapi Thailand memang berat tapi bukan berarti tidak bisa dikalahkan. Didukung penuh oleh suporter setia, ada peluang bagi Boaz Solossa CS untuk merebut kemenangan di leg pertama ini. (int)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top