Menag Sebut KUA Garda Terdepan Kemenag – FAJAR sulsel
News

Menag Sebut KUA Garda Terdepan Kemenag

WAJO, UPEKS.co.id — Sebanyak 29 Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan di beberapa Kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan diresmikan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dalam kunjungannya, Sabtu (10/12) lalu.

Peresmian 29 KUA tersebut dilakukan secara simbolis di KUA Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo Provinsi Sulsel.

Sesuai namanya, gedung baru KUA diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan publik, utamanya yang terkait dengan pencatatan nikah, manasik haji, dan penyuluhan agama.

Maklum, KUA merupakan salah satu garda terdepan layanan publik dan sekaligus menjadi wajah Kementerian Agama.

Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA ini dibangun melalui pembiayaan SBSN Tahun Anggaran 2016.

“Tahun 2015 lalu, kita hanya mampu membangun 26 gedung KUA di seluruh Indonesia. Tahun ini, alhamdulillah,
ada 181 KUA yang kita bangun (di seluruh Indonesia). Pada 2017 nanti, setidaknya ada 256 KUA yang akan kita bangun dan berdayakan,” terang Menag.

“KUA merupakan garda terdepan Kemenag. Merupakan etalase sekaligus wajah terdepan Kemenag dengan fungsi melayani masyarakat, khususnya Islam,” tandasnya.

Sebelumnya, Kasubdit Pemberdayaan KUA Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais-Binsyar) Adib Machrus menjelaskan, Kementerian Agama telah menerbitkan Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 34 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja (Ortaker) KUA Kecamatan.

Sejalan dengan itu, Direktorat Urais-Binsyarakan melakukan standardisasi KUA secara bertahap, mencakup SDM, Sarpras, status tanah dan bangunan, serta jenis-jenis layanan lainnya. Dengan proses standardisasi ini, permasalahan status tanah dan bangunan beberapa KUA bisa segera diselesaikan. (jar)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top