Peran Camat Penting untuk Pemenuhan Layanan Masyarakat – FAJAR sulsel
News

Peran Camat Penting untuk Pemenuhan Layanan Masyarakat

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang membuka acara Kegiatan Fasilitasi Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Kecamatan Tahun Anggaran 2016, di Hotel Karebosi Condotel Makassar, Rabu (14/12/16).

Dalam sambutannya, Agus mengatakan, sebuah daerah, khususnya kecamatan, memiliki kewenangan membuat kebijakan daerah untuk memberi pelayanan, peningkatan peran serta, prakarsa dan pemberdayaan masyarakat.

“Tujuannya tentu pada peningkatan kesejahteraan rakyat dengan menggunakan prinsip otonomi, yang nyata dan bertanggung jawab,” ujar Agus.

Dia menambahkan, penerapan kebijakan otonomi daerah harus mendorong terjadinya perubahan secara struktural, fungsional dan kultural dalam keseluruhan tatanan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Jadi salah satu perubahan yang sangat esensial adalah yang berkenan dengan kedudukan, kewenangan, tugas, dan fungsi camat,” jelas Agus.

Menurutnya, dengan adanya perubahan paradigmatik penyelenggaraan pemerintahan daerah, akan mengakibatkan pola distribusi kewenangan camat menjadi tergantung pada pendelegasian sebagian kewenangan pemerintahan, dari bupati atau walikota untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah dan penyelenggaraan pemerintahan umum.

“Penyelenggaraan pemerintahan tersebut harus mempunyai implikasi langsung terhadap optimalisasi peran dan kinerja camat, dalam upaya pemenuhan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya. (eky)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top