Poop Berdarah dan Tubuh Mudah Lelah, Itu Gejala Awal Kanker Ini – FAJAR sulsel
Kesehatan

Poop Berdarah dan Tubuh Mudah Lelah, Itu Gejala Awal Kanker Ini

FAJAR HEALTH – Salah satu masalah serius yang disebabkan oleh kanker kolorektal (usus besar dan rektal) adalah seringkali tidak menunjukan tanda-tanda atau gejala tertentu.

Karenanya, melakukan tes screening seperti kolonoskopi untuk menemukan polip, gumpalan kecil yang terbentuk di dalam kolon sebelum mereka berubah menjadi kanker.

Untuk dapat mengenali keberadaan polip pada kolon, ada 4 gejala yang perlu anda sadari terjadi pada tubuh anda. Berikut gejala yang menandakan ada yang salah dengan usus besar anda seperti dilansir Prevention:

1. Kelelahan
“Ini adalah gejala yang paling sering terjadi,” kata Jimmy Hwang, MD, Kepala GI Medical Oncology section dari Carolinas Healthcare System di Charlotte, AS.

Hal ini karena karena polip atau tumor dapat menyebabkan pendarahan secara perlahan pada sistem pencernaan manusia. Jika terjadi terus menerus, pendarahan ini dapat menyebabkan berkurangnya sel darah merah dan zat besi yang dibutuhkan tubuh untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Akibatnya anda akan mudah lelah memiliki nafas yang pendek.

2. Pendarahan
Anda beberapa penyabab mengapa anda menemukan adanya darah di toilet saat anda buang air besar kecil. Hal ini bisa disebabkan oleh hemoroid atau luka sobek di bagian an*s anda.

Selain itu, pendarahan yang anda alami bisa juga disebabkan oleh keberadaan polip tadi. Biasanya, penderita kanker usus besar dan rektal ini mengira bahwa pendarahan dan gatal-gatal yang mereka alami, disebabkan oleh hemoroid. Jika anda mengalami ini, segera temui dokter.

3. Poop berdarah
Gejala lainnya juga terlihat pada poop anda. Poop akan terlihat lebih gelap akibat darah yang sudah mengering atau juga terlihat kemerahan. Jangan tunda lagi untuk mengunjungi dokter.

4. Kebiasan buang air anda mengalami perubahan
Polip dapat menyebabkan perubahan bentuk poop dan frekuensi anda buang air besar. Ketika kanker menghalangi usus, dapat diidentifikasi dengan bentuk poop yang terlihat tipis layaknya pensil, kata Dr. Hwang.

Jika anda merasa poop anda tidak ada habisnya, meski sudah beberapa kali bolak-balik kamar mandi, bisa menandakan keberadaan kanker kolorektal.

5. Sakit perut
Gejala lainnya adalah keram pada area perut, mual dan muntah-muntah.

(Fajar)

Original Article

loading...
Click to comment
To Top