Bali, Bintan, Dijuluki Penyelenggara Triathlon Terbaik Asia 2016 – FAJAR sulsel
News

Bali, Bintan, Dijuluki Penyelenggara Triathlon Terbaik Asia 2016

JAKARTA – Sport tourism Indonesia lagi-lagi mendapat pengakuan dunia internasional. Dua agenda yang disupport Wonderful Indonesia Kemenpar, dan pemerintah daerah, dinobatkan menjadi event olahraga terbaik di tiga kategori untuk level Asia. Best Overall Short Course Triathlon in Asia 2016 menjadi milik Bali International Triathlon. Lagi-lagi Pulau Dewata Bali memang mempesona dan menjadi surganya aktivitas wisata berbasis olahraga.

Gelar Best Long Distance Triathlon Swim Course in Asia 2016 jatuh pada Ironman 70.3 Bintan, Kepri. Satu gelar lainnya direbut Ironman 70.3 Bintan untuk kategori Best Long Distance Triathlon Bike Course in Asia 2016. Wow, dua kategori diborong oleh Bintan, yang lokasi geografisnya berdekatan dengan Singapore maupun Malaysia.

Pengakuan ini dirilis AsiaTri.com, sebuah situs yang mengcover 60 agenda sport tourism di 12 negara. Ulasannya fokus pada triathlon yang mengarah pada kejuaraan dunia.” Best Overall Short Course Triathlon in Asia 2016 adalah Bali International Triathlon,” tulis AsiaTri.com, dalam situs resminya, Rabu, 14 Desember 2016.

“Terima kasih atas segala apresiasinya. Ini pengakuan yang luar biasa untuk event olahraga yang digelar di Bintan,” sebut Luki Zaiman Prawira. Baginya, reputasi itu mahal. Penghargaan seperti ini tidak diperoleh dengan cara yang mudah. Tetapi melalui kerja keras dan pelayanan yang prima, agar semua peserta Ironman 70.3 merasakan kenyamanan, comfortable dan asyik.

Sedangkan, Bali International Triathlon dinilai layak menjadi yang terbaik di Asia lantaran sensasi lombanya sangat unik. Para peserta, terutama atlet asing, bisa mengikuti upacara pemberkatan untuk sepeda sebelum lomba. Selain itu, ada juga pesta pasta menarik di pantai. Dan setelah balapan, para peserta bisa menikmati koktail mewah sambil menikmati sunset di Pantai Sanur. Ini tidak bisa didapatkan di lomba manapun.

Karenanya, pada 2015 silam, Bali International Triathlon juga pernah dinobatkan sebagai Best destination race – short course” oleh AsiaTri. Faktor keamanannya? Dinilai salah satu yang terbaik di dunia. Dari mulai Jimbaran Bay ke Pantai Sanur, lalu lintas ditutup 100% untuk semua kendaraan. Kualitas jalannya pun sangat bagus. Setara dengan road race tingkat dunia.

Di laut, peserta juga bisa menikmati coral beraneka ragam dan kehidupan bawah laut yang keren-keren. Kedalamannya hanya dua meter. Sangat aman untuk ukuran pemula sekalipun.

Dan saat berlari, lagi-lagi peserta dimanjakan dengan panorama yang menawan. Tahun ini, semua datar. Peserta digiring menerabas Desa Sanur yang hanya berjarak 200 meter dari pantai. Seluruh peserta lomba juga bisa menikmati nuansa Bali. Beberapa kuil-kuil lokal, pantai dan panorama kota yang aduhai bisa dinikmati sambil berlari. “Ini adalah perubahan positif untuk balapan terutama untuk atlet pemula. Sekarang lebih cepat, lebih datar dan lebih aman,” tulis AsiaTri.com.

Ironman 70.3 Bintan punya cerita lain lagi. Vinnie Santana, pelatih triathlon di ironguides.net dan contributor AsiaTRI sampai mengacungkan dua jempol untuk even yang digelar di Bintan itu. “Acara ini memiliki segalanya untuk menjadi salah satu Asia terbaik karena kombinasi dari akses yang mudah, course menantang dan menyenangkan. Ini sangat bagus untuk atlet dan keluarga,” tulis Vinnie Santana.

Akses lomba memang sangat mudah dijangkau. Dari Singapura, hanya membutuhkan waktu 1 jam ke Bintan via kapal feri. Imigrasinya pun sudah sangat simpel. Tiap peserta hanya perlu menyisihkan waktu tidak lebih dari 10 menit untuk masuk ke Indonesia.

Setibanya di Bintan, layanan terhadap peserta asing pun sangat mumpuni. Pihak penyelenggara menyediakan shuttle bus setiap 45 menit. Setiap peserta asing diantar langsung sampai resor atau hotel resmi yang tersebar di sekitar Bintan. Waktu tempuhnya pun singkat. Hanya lima belas menit dari pelabuhan penyeberangan antarnegara.

Medan lombanya? Sangat bersahabat. Trek sepedanya dianggap salah satu yang terbaik di Asia. Kualitas jalan sangat mulus. Race terasa makin menyenangkan lantaran peserta disuguhi variasi pemandangan yang sangat mempesona. View laut, desa-desa lokal dan perkebunan, semua bisa dinikmati. Lalu lintas pun sangat safe lantaran kawasan Lagoi sangat sepi dari lalu lalang kendaraan. Trek larinya juga sangat oke. Medan yang 100% datar dengan melahap tiga lap di sekitar danau memberi sensasi yang sangat menyenangkan bagi para peserta lomba.

Ironman 70.3 Bintan juga memenangkan predikat Best Long Distance Triathlon Swim Course in Asia 2016. Di laut, peserta disambut dengan perairan tenang dan hangat. Treknya sangat lurus. Sangat mudah untuk pemula sekalipun. Start dimulai dari kedalaman yang menyentuh pinggang. Ini dinilai sangat bagus untuk menghindari lonjakan detak jantung hingga akhir lomba.

Menpar Arief Yahya mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada penyelenggara. Termasuk Kadispar Bintan, Kadisbudpar Kepri, Kadispar Bali, yang serius menjaga konsistensi event international itu. “Sport events itu berdasarkan hasil survey, 60% akan datang kembali ke destinasi itu untuk travelling. Bukan untuk berkompetisi olahraga lagi. Karena itu, triathlon, marathon, sepeda, dan semua jenis olahraga kolosal itu menarik digelar di destinasi wisata kita,” kata Menpar Arief Yahya. (*)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top