Bappeda Ditunjang Data Berbasis Aplikasi – FAJAR sulsel
News

Bappeda Ditunjang Data Berbasis Aplikasi

15.12-foto-bulkumba

BULUKUMBA,UPEKS.co.id — Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bulukumba, segera meluncurkan program Bank Data Berbasis Aplikasi. Kepala Bappeda Bulukumba, Drs.H.A.Syafrul Patunru kepada Upeks, Rabu (14/12/16) menjelaskan, proyek perubahan Bank Data Perencanaan Pembangunan Kabupaten Bulukumba yang segera diluncurkan, sangat penting untuk dibuat.

“Bank Data ini sangat penting, karena kita lihat, bahwa pada saat kita akan melakukan penyusunan dokumen perencanaan, baik itu dokumen perencanaan daerah seperti, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS),” ujarnya.

Selain itu penyusunan program kegiatan membutuhkan data lainnya, misalnya penyusunan perencanaan kegiatan infrastruktur dan kegiatan bidang ekonomi dan sebagainya. Disitulah dibutuhkan data dan informasi yang terintegrasi dalam satu sistem,” kata Andi Syafrul. Dia berharap, 2017 ke depan, Bank Data itu sudah bisa lengkap karena untuk tahap awal ini kita baru mengcover 7 (Tujuh) SKPD, pada pengembangan nanti akan mencakup seluruh data dari semua SKPD dan setiap triwulan akan diadakan Update data untuk memperbaharui data.

Bahkan untuk pengembangan kedepan rencananya akan mencakup semua potensi Kabupaten Bulukumba “Data yang kami sajikan dalam Bank Data ini bisa diakses melalui aplikasi blog Bappeda, Jadi teman- teman bisa langsung mengambil di blog dan website dengan cara mengklik saja, atau masuk di website yang sudah disiapkan. Data tersebut langsung sudah tersaji,” jelasnya. Lanjut Andi Syafrul, dalam hal percepatan penyelesaian program, penyelesaian data yang diharapkan untuk dilaporkan dan sebagainya, itu sudah ada didalam website.

“Silahkan lihat saja atau silahkan buka bappedablkblogspot.com,” terang Andi Syafrul Patunru. Sementara itu, Kabid SDA dan Praswil Bappeda Bulukumba, Andi Sufardiman SH, MSi, mengemukakan bahwa berdasarkan Permendagri 54 tahun 2010, Undang-undang 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasiona menekankan bahwa pentingnya dukungan dan ketersediaan data dan informasi dalam penyusunan dokumen perencanaan.

Dengan data yang baik akan dapat memproyeksikan kondisi yang dicita- citakan, dapat ditetapkan target- target kinerja sebagai patokan pelaksanaan pembangunan sesuai dengan priodisasinya. “Manfaat yang dicapai dalam proyek perubahan ini, tersedianya pusat data yang terintegritas untuk mempermudah dan memperlancar penyusunan dokumen perencanaan, serta mempermudah masyarakat dan pengguna data lainnya memperoleh informasi tentang data dan dokumen perencanaan Kabupaten Bulukumba,” jelas Andi Sufardiman. (suf/arf).

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top