Cadangan Beras Hingga 14 Bulan Kedepan – FAJAR sulsel
News

Cadangan Beras Hingga 14 Bulan Kedepan

Berasss

*Surplus Hingga 71 Ribu Ton

MASAMBA — Tahun ini, Kabupaten Luwu Utara dipastikan tidak akan mengalami paceklik beras. Hingga Oktober 2016, daerah ini surplus 71 ribu ton.

Angka itu diungkapkan Bupati Luwu Utara, Hj Indah Putri Indriani saat memberikan sambutan pada acara pelepasan dan pengiriman paket beras akhir tahun 2016, di Desa Bone-Bone, Luwu Utara, Selasa 13 Desember lalu.
Ia menjelaskan, produksi beras sampai dengan bulan Oktober, 107.847 ton sedangkan kebutuhan konsumsi 36.682 ton.

“Dengan angka surplus tersebut, maka diperkirakan dapat memenuhi cadangan beras hingga 14 bulan ke depan,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Indah juga melepas secara simbolis paket beras Luwu Utara untuk dikirim ke Sulawesi Tenggara, Kota Makassar, Luwu Timur, dan Kota Palopo. Setidaknya sebanyak 130 ton beras dengan kualitas premium dikirim ke wilayah tersebut.

“Paket beras yang dilepas kali ini adalah binaan sembilan gapoktan yang mendapatkan bantuan kegiatan P-LDPM Kementerian Pertanian,” ucap Indah.

P-LDPM atau Penguatan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka perlindungan dan pemberdayaan petani, kelompok tani dan gapoktan.

Kegiatan Penguatan-LDPM dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu, tahap penumbuhan, tahap pengembangan dan tahap kemandirian. (hms/him)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top