CSR Vale Berhasil Berdayakan UKM – FAJAR sulsel
News

CSR Vale Berhasil Berdayakan UKM

15.12.-Jasmin-FDJ_0068

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Penelitian terkait Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di daerah pemberdayaan PT Vale Indonesia mengantar seorang dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Jasmin, meraih gelar doktor, di Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Makassar (UNM), Rabu (14/12).

Dalam orasinya dia menyimpulkan bahwa CSR yang dikeluarkan PT Vale berhasil memberdayakan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). Jasmin menilai CSR yang disalurkan PT Vale memberi dampak terhadap aktivitas pelaku UKM di sekitarnya.

Jasmin berhasil meraih gelar doktornya setelah mempresentasikan hasil penelitiannya tersebut di hadapan para penguji pada sidang promosi doktor yang dipimpin oleh kakak kandungnya sendiri, Prof Dr Jasruddin.

Dalam sidang promosinya, Jasmin yang berulang kali meneteskan air mata, menyampaikan hasil penelitiannya yang berjudul Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Daerah Pemberdayaan PT. Vale Indonesia, TBK. Kabupaten Luwu Timur. Salah satu tujuannya adalah untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat CSR dalam pengembangan UKM di daerah pemberdayaan PT Vale.

Tak hanya itu, tujuan lain dari penelitiannya adalah untuk menghasilkan prototype model penyaluran dana CSR untuk pengembangan UKM tersebut. “Hasilnya nanti diawali dengan kesepakatan setiap komite desa atau kecamatan sesuai kebutuhan dan potensi lokal,” jelasnya.
Selain itu menurut Jasmin, penelitiannya tersebut menggunakan pendekatan penelitian campuran (mixed method). “Penelitian ini mengkombinasikan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif,” tuturnya.

Lanjut jasmin, desain yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan strategi eksplanatoris.

Pimpinan sidang ujian promosi doktor, Prof. Jasruddin, mengungkapkan, Jasmin merupakan adek kandungnya merupakan orang yang lebih hebat dari dirinya. “Jasmin ini lebih hebat dari saya, itu karena selain dia akademisi dia juga seorang pebisnis,” ungkapnya.
Jasmin sendiri meraih gelar doktor dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 3.86 predikat sangat memuaskan dan menjadi doktor ke 510 di PPs UNM. (mg05)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top